Pengungsi Banjir Lahar Dingin Lumajang Terus Bertambah, Cak Thoriq Pastikan Semua Tertangani dengan Baik

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: M. Rifat

8 Juli 2023 02:26 8 Jul 2023 02:26

Thumbnail Pengungsi Banjir Lahar Dingin Lumajang Terus Bertambah, Cak Thoriq Pastikan Semua Tertangani dengan Baik Watermark Ketik
Bupati Lumajang H.Thoriqul Haq, usai mendatangi pos pengungsian, Sabtu dini hari (8/7/2023). (Foto: Kominfo Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Akibat lahar dingin yang terjadi sejak Jumat (7/7/2023) dini hari, jumlah pengungsi terus bertambah di sejumlah titik pengungsian.

Pemkab Lumajang melalui melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, BPBD Kabupaten Lumajang dibantu TNI Polri dan pemerintah setempat serta para relawan terus melakukan pemenuhan kebutuhan pokok para pengungsi.

Dari data yang berhasil dihimpun petugas Dinas Sosial PPPA sampai Jum'at (7/7/2023) pukul 23.00 WIB, jumlah pengungsi mencapai 493 orang yang tersebar di beberapa titik pengungsian.

"Penanganan pengungsi di beberapa tempat sudah terkendali. Dapur umum juga sudah dipersiapkan," jelas Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Sabtu (8/7/2023) dini hari.

Selanjutnya, setelah menetapkan status darurat bencana, Bupati Lumajang akan segera mengkoordinasikan langkah pemulihan sejumlah infrastuktur yang mengalami kerusakan akibat diterjang banjir.

"Langkah berikutnya, pemulihan kedaruratan infrastruktur, pembersihan material longsor, penanganan tanggul yang tergerus, dan normalisasi listrik," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq.

Pemkab Lumajang juga akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR sebagai langkah perbaikan dan rekonstruksi.

"Terkait dengan rekonstruksi beberapa insfastruktur yang rusak, akan segera dilakukan assesment dan segera di kordinasikan dengan Kementrian PUPR," jelas Bupati Lumajang kemudian.(*)

Tombol Google News

Tags:

banjir Lumajang Warga mengungsi Bupati Lumajang Cak Thoriq BPBD Lumajang berita lumajang hari ini