Penjaringan Pilkada Pacitan 2024, Ini Daftar Kandidat Cabup yang Daftar Lewat Demokrat

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

6 Mei 2024 11:18 6 Mei 2024 11:18

Thumbnail Penjaringan Pilkada Pacitan 2024, Ini Daftar Kandidat Cabup yang Daftar Lewat Demokrat Watermark Ketik
Didampingi Sekretaris DPC, Arif Setyo Budi, Mas Aji (Berkoko Putih lengkap dengan kopyah) mendaftar jadi calon bupati untuk Pilkada 2024 hari ini, Senin (6/5/2024). (Foto: DPC Demokrat Pacitan for Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Penjaringan kandidat calon bupati dan wakil bupati untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Pacitan, Jawa Timur mulai dilakukan oleh partai politik (parpol). 

Di Kota Seribu Satu Gua, ada sejumlah kandidat yang mulai bermunculan untuk mendaftar calon bupati (cabup) lewat Partai Demokrat.

Sekretaris Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pacitan, Arif Setyo Budi mengatakan, empat kandidat yang mengambil berkas pendaftaran cabup di Partai Demokrat di antaranya Indrata Nur Bayuaji (Bupati Pacitan), Rakhman Wijayanto (Anggota DPRD Pacitan 2024-2029), Ronny Wahyono (Mantan Ketua DPRD Pacitan 2019-2024), dan Muhammad Toha.

"Di tahun ini Partai Demokrat sejak tanggal 30 April sampai 6 Mei 2024, tepatnya hari sudah ada yang mendaftar sebanyak empat orang. Satu, Indrata Nur Bayuaji, dua, Rakhman Wijayanto, tiga, Ronny Wahyono, empat, Toha," kata Arif Setyo Budi, Senin, (6/5/2024).

Satu di antara kandidat yang mendaftar, Indrata Nur Bayuaji atau Mas Aji mengambil formulir pendaftaran bersama Sekretaris DPC dan tim suksesnya pada hari ini, Senin (6/5/2024).

"Karena hari ini adalah hari terakhir, maka kami akan menutup pada pukul 16.00 WIB," terangnya kepada Ketik.co.id.

Saat ini, pihaknya tengah menunggu pengembalian berkas pendaftaran dari para cabub tersebut di atas.

"Tahapan selanjutnya adalah, kami menunggu pengembalian formulir atau berkas sampai tanggal 24 Mei 2024. Selanjutnya tugas penerimaan panitia pendaftaran dari DPC Partai Demokrat, adalah memproses dan kami sampaikan pada DPD Partai Demokrat Jawa Timur," paparnya.

Usai hal tersebut, DPC Partai Demokrat Pacitan bakal kembali menunggu keputusan hasil rekomendasi dari pihak provinsi terkait pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati.

"Selebihnya kami akan menunggu, hasil penggodokan rekomendasi dari DPD Demokrat Jawa Timur terkait dengan Paslon bupati dan wakil bupati Kabupaten Pacitan," sambung ASB sapaan akrabnya.

Sebelum itu, ASB sempat menjelaskan, jika dukungan penuh dari semua internal parpol berlogo mercy itu tetap ditujukan kepada Indrata Nur Bayuaji.

"Ya kalau di internal internal Partai Demokrat, ya kami sejauh ini karena melihat prestasi beliau Indrata Nur bayuaji," ujarnya. 

Dia membiji, Indrata Nur Bayuaji selama menjabat sebagai bupati Pacitan yang sangat berhasil, secara kepemerintahan maupun secara politik.

"Beliau telah sukses mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Kabupaten Pacitan," tegasnya. 

Hal tersebut bisa dilihat kembali pada Pemilu 2004 Partai Demokrat Pacitan yang meraih 18 kursi, 2009 14 kursi, 2019 14 kursi, dan Pemilu 2024 kembali 18 kursi di DPRD.

"Artinya ada kenaikan 4 kursi di DPRD Kabupaten Pacitan ini menu dan selain itu juga suara pemilih yang mencoblos Partai Demokrat ini meningkat jauh meningkat dibandingkan tahun tahun yang sebelumnya. Ini membuktikan bahwa kepemimpinan ketua DPC Demokrat bapak indrata Nur bayuaji brerhasil menjadi pemimpin di Kabupaten Pacitan," papar Arif.

Selain itu, dia menilai selama 3 tahun memimpin, Bupati Indrata Nur Bayuaji banyak meraih beberapa pencapaian yang cukup cemerlang di banyak aspek. Baik pembangunan hingga politik.

"Kepemimpinan beliau ini kan juga baru 3 tahun, tapi alhamdulilah sudah berjalan dengan baik. Dan harapan kami di internal Partai Demokrat Pak Aji untuk melanjutkan kepemimpinannya nanti," ucapnya.

Salah satu kader yang mendapat banyak dukungan untuk mendampingi Mas Aji sebagai Bacawabup dari beberapa gabungan parpol di Pacitan antara lain Rachman Wijayanto atau yang disapa akrab Wiwit BG. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan Pilkada 2024 Pacitan