Peringati May Day, 20 Ribu Buruh Longmarch Menuju Surabaya, Hindari Jalan Ini

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Moch Khaesar

1 Mei 2023 02:16 1 Mei 2023 02:16

Thumbnail Peringati May Day, 20 Ribu Buruh Longmarch Menuju Surabaya, Hindari Jalan Ini Watermark Ketik
Longmarch buruh peringati May Day atau hari buruh yang jatuh pada 1 Mei. (Foto: VOA Indonesia)

KETIK, SURABAYA – Sekitar 20 ribu buruh akan memperingati hari buruh atau May Day di Surabaya, hari ini Senin, (1/5/2023). Aksi akan dipusatkan di Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan, Surabaya. 

Rencananya mereka akan longmarch dari Jalan Embong Malang menuju ke titik kumpul utama di depan Kantor Gubernur Jawa Timur. Sebelumnya, massa buruh akan berkumpul di Bundaran Waru.

Wakil Sekertaris DPW FSPMI Jawa Timur Nuruddin Hidayat mengatakan, puluhan ribu buruh dari beberapa wilayah di Jawa Timur akan turun aksi. "Estimasi kurang lebih 20 ribu buruh," jelas Nuruddin, Minggu (30/4/2023).

Dia menyebut massa buruh yang datang ke Surabaya berasal dari Pasuruan, Lamongan, Jember, Probolinggo, Lumajang, Banyuwangi, Malang, dan Jombang.

Ada enam tuntutan terkait isu nasional yang akan disuarakan pada May Day kali ini. Di antaranya pencabutan Omnibus Law, Undang-undang Cipta Kerja, pengesahan RUU PPRT (perlindungan pekerja rumah tangga), menolak RUU Omnimbus Law kesehatan, reformasi agraria, dan kedaulatan pangan.(*)

Tombol Google News

Tags:

May Day Hari Buruh jatim Surabaya