PMI Jember Sasar Kampus UIN-KHAS Jadi Basis Aksi Donor Darah

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

15 Juni 2023 10:05 15 Jun 2023 10:05

Thumbnail PMI Jember Sasar Kampus UIN-KHAS Jadi Basis Aksi Donor Darah Watermark Ketik
Kegiatan donor darah di lingkungan kampus UIN KHAS Jember, Kamis (15/6/2023) (Foto: Humas PMI Jember)

KETIK, JEMBER – Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Korps Sukarela (KSR) Unit Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Jember melaksanakan aksi donor darah di lingkungan Kampus pada Kamis (15/6/2023).

Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap 14 Juni ini mengusung tema “Kami Hidup Karena Memberi, Berikan Darahmu, Berikan Plasmamu, Bantu Kehidupan, Bantu Sesama”.

Nanda Mayang, Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember, menjelaskan bahwa kegiatan donor darah hari ini merupakan bagian dari peringatan Hari Donor Darah Sedunia sekaligus sosialisasi tentang manfaat donor darah.

“Kami mengajak mahasiswa untuk mendonorkan darahnya yang memiliki manfaat kesehatan bagi pendonor. Sejauh ini partisipasi mahasiswa sangat tinggi untuk berdonor,” ujar perempuan yang akrab disapa Mayang itu.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Pelayanan Markas PMI Kabupaten Jember, Elvana Kusdijanto menyampaikan peringatan hari donor darah sedunia menyasar kampus dan sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan aksi sukarela donor darah.

“Karena di kampus dan sekolah merupakan sekumpulan anak muda dengan tujuan pembelajaran bagi mereka,” kata Elvana Kusdijanto.

Tidak hanya di Kampus UIN KHAS Jember saja, beberapa sekolah melaksanakan kegiatan yang sama secara bersamaan. Di antaranya yaitu Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Jenggawah dan SMK 4 Pancasila.

Selain bagian dari edukasi para generasi muda tentang pentingnya donor darah, sekaligus sebagai upaya memenuhi kebutuhan stok darah. Nantinya, puluhan kantong darah disumbangkan ke UDD PMI Kabupaten Jember.

Kusdijanto berharap masyarakat masyarakat lebih sadar akan manfaat donor darah bagi pendonor maupun penerima. Tidak hanya momen tertentu saja, sosialisasi perlu dilakukan secara masif dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat.

“Apalagi stok (darah) saat ini menurun dibandingkan tahun lalu. Diharapkan kegiatan seperti dapat membantu kebutuhan stok darah,” tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

donor darah hari donor darah sedunia KSR UIN KHAS Jember PMI Jember Edukasi Sosialisasi generasi muda