Ranking FIFA Melejit 20 Peringkat, Timnas Indonesia Menyala di 2024

Jurnalis: Artha Tidar
Editor: Muhammad Faizin

4 Oktober 2024 18:03 4 Okt 2024 18:03

Thumbnail Ranking FIFA Melejit 20 Peringkat, Timnas Indonesia Menyala di 2024 Watermark Ketik
Timnas Indonesia Indonesia diprediksi mampu melompat ke peringkat 120 FIFA, andai sukses menundukkan Bahrain dan China, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pekan depan. (pssi.org)

KETIK, JAKARTA – Timnas Indonesia segera tampil di laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada Oktober mendatang. Skuad Garuda menantang Bahrain (10 Oktober) dan China (15 Oktober), guna mengamankan posisi di klasemen Grup C.

Sebelumnya, Indonesia menorehkan hasil positif, pasca  menahan imbang dua tim langganan Piala Dunia, yakni Arab Saudi dan Australia.

 

Foto Timnas Indonesia Indonesia diprediksi mampu melompat ke peringkat 120 FIFA, andai sukses menundukkan Bahrain dan China, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pekan depan. (pssi.org)Timnas Indonesia dalam tren positif jelang laga kontra Bahrain dan China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pekan depan. (pssi.org)

 

Hasil kerja keras anak asuh Shin Tae-yong (STY) tersebut, sukses mendongkrak ranking FIFA yang naik ke peringkat 129, pada September 2024.

Sebelumnya, Indonesia masih menghuni tangga 133, pada Juli. Meskipun naik dratis, Rizky Ridho dkk belum bisa menggeser Thailand dan Vietnam, yang ada peringkat atas untuk level Asia Tenggara.

Jika sanggup menahan imbang, atau menang atas Bahrain dan China, ranking FIFA skuad Garuda dipastikan melonjak dratis.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakanku, Indonesia diprediksi mampu melompat ke peringkat 120, bila menang melawan Bahrain dan China.

“Bahkan, dari 129 bisa ke 120. Berarti makin dekat dengan Vietnam,” tutur Ropan, sapaan akrabnya, dikutip dari kanal YouTube Bung Ropan, pada Senin (30/9/2024). Ia meyakini, Indonesia bisa mengeruk 16,88 poin andai menaklukkan Bahrain. Deretan poin makin bertambah sejumlah 15,54 bila berhasil menekuk China.

“Jika digabung poin antara Bahrain dan China, total mendapat 32,43 poin. Ini luar biasa. Total rangking FIFA dengan dua pertandingan tadi, kita dapat 1156,61. Kita bisa tembus masuk ke 120,” lanjutnya. Artinya,  Indonesia makin dekat mengejar Thailand yang berada di peringkat 100, dan Vietnam di ranking 116.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertekad Indonesia memiliki mimpi untuk bisa menembus ranking 100 dunia.

"Dua hasil imbang melawan negara langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia membuat peringkat Indonesia di ranking FIFA naik. Ini menjadi bukti keseriusan kami untuk membawa Garuda terbang tinggi. Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia, " kata Erick, dikutip dari situs resmi PSSI.

Peringkat Timnas, sejak dipimpin oleh Erick, rutin mengalami peningkatan yang signifikan. Menjabat sejak awal 2023, ranking FIFA Tim Garuda terbang 20 peringkat. Saat awal Erick memimpin, timnas menghuni 149. Kini, Indonesia adalah tim terbaik ketiga di Asia Tenggara berdasarkan peringkat FIFA, di bawah Thailand dan Vietnam.

Sejatinya, timnas merah putih pernah berada di masa kelam, pada medio 2016, hingga pernah sejajar dengan tim medioker Asia Tenggara, seperti Kamboja dan Laos. Bahkan kalah dari Filipina, yang sepanjang sejarah selalu dibantai oleh Tim Garuda.  Saat itu, timnas berada di peringkat 191, pada 2016. (*)

Tombol Google News

Tags:

PSSI Timnas Nasional Fifa Piala dunia shin tae-yong sty