Rapat Pleno KPU Kota Batu Putuskan Heru Joko Purwanto sebagai Plt Ketua

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

21 Agustus 2023 08:46 21 Agt 2023 08:46

Thumbnail Rapat Pleno KPU Kota Batu Putuskan Heru Joko Purwanto sebagai Plt Ketua Watermark Ketik
Heru Joko Purwanto, Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data saat ini menjadi Plt Ketua KPU Kota Batu. (Foto: KPU Kota Batu)

KETIK, BATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu Jawa Timur menunjuk Heru Joko Purwanto, Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data untuk menjadi Plt Ketua KPU Kota Batu.

Penunjukkan Heru Joko Purwanto berdasarkan Rapat Pleno yang diikuti seluruh anggota KPU Kota Batu dan sekretariat KPU Kota Batu, Senin (21/8/2023). 

Rapat pleno tersebut digelar lantaran ketua KPU Kota Batu, Mardiono mengundurkan diri karena terpilih sebagai Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu periode 2023- 2028.

Sementara itu, Erfanuddin yang saat ini sebagai Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Batu akan merangkap jabatan sebagai Divisi Perencanaan dan Data yang kosong ditinggalkan Heru Joko Purwanto

"Kita rapat pleno seluruh komisioner bersama dengan sekretariat. Rapat pleno bersepakat bulat untuk mengamanatkan saya sebagai Ketua KPU berikutnya," kata Heru Joko Purwanto.

Heru ditunjuk sebagai Plt ketua KPU Kota Batu karena dianggap paling berpengalaman di antara tiga komisioner lainnya. Heru sudah kenyang akan pengalaman sebagai penyelenggara pemilu. Ia pernah menjadi PPS, PPK dan Panwascam.

Tidak hanya itu, usia Heru paling tua dibandingkan ketiga komisioner menjadi pertimbangan lain sehingga ia ditunjuk sebagai Plt Ketua KPU Kota Batu.

"Segera setelah rapat pleno ini kita buat berita acara hasil rapat pleno dan dikirimkan ke KPU Provinsi Jatim," tambah Heru.(*)

Lebih lanjut Heru mengatakan, KPU Kota Batu akan mengirimkan surat ke KPU Provinsi Jatim untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) penetapan Heru sebagai Ketua KPU Kota Batu definitif. Selain mengajukan SK, KPU Kota Batu juga mengajukan daftar calon anggota PAW KPU untuk menggantikan Mardiono.

"Kita akan kirim nama lima calon PAW untuk diasesment oleh KPU Provinsi Jatim," tegasnya

Tombol Google News

Tags:

KPU Kota Batu