Rasa Syukur Sambut Musim Hujan, Warga Bondowoso Gelar Karapan Sapi

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Naufal Ardiansyah

6 November 2023 01:55 6 Nov 2023 01:55

Thumbnail Rasa Syukur Sambut Musim Hujan, Warga Bondowoso Gelar Karapan Sapi Watermark Ketik
Sejumlah peserta Karapan Sapi saat bersiap di arena. (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Hujan yang terjadi beberapa hari terakhir disambut antusias dan penuh rasa syukur oleh masyarakat Desa Klabang, Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso. 

Rasa syukur itu diwujudkan dengan menggelar Karapan Sapi pada Minggu (5/11/2023). Tak hanya kali ini saja, tiap tahun rasa terima kasih setiap memasuki musim penghujan pun dirayakan dengan kegiatan serupa.

Spesial perayaan tahun ini juga diikuti dengan pelepasan 1.000 ekor burung merpati.

Menurut Kepala Desa Klabang, Joko Tole, bahwa kegiatan tersebut bukanlah perlombaan. Melainkan, murni perayaan rasa syukur masyarakat.

Karena itulah, kata Joko, tak heran ribuan warganya tumpah ruah menyaksikan acara yang hanya bisa ditengok setiap tahun sekali itu.

"Para peserta sendiri adalah masyarakat setempat dan juga ada peserta yang dari luar Bondowoso, seperti Situbondo," tuturnya.

Hadirnya Karapan Sapi di wilayahnya, menjadi angin segar setelah sekian lama masyarakat tak bisa menyaksikan tradisi itu.

Karena itulah, dirinya berharap ke depan tradisi ini tetap terjaga dan terlestarikan.

"Karapan sapi ini adat budaya dan tradisi masyarakat Desa Klabang dan semoga untuk kedepannya sebagai tetap terjaga," pungkasnya.

Tampak hadir di acara tersebut Muspika Tegalampel beserta jajaranya; Kapolsek Tegalampel, Sobingan;  Babinsa 0822/03 Tegalampel, Sunarto;  Babinkamtibmas dan juga tokoh masyarakat setempat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso #DesaKlabangBondowoso #KarapanSapiBondowoso Kerapan sapi Karapan Sapi Musim Hujan