Rawan Kecelakaan, Pemkot Batu Ingin Jalur Ekstrem Klemuk Dihapus dari Google Maps

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

6 Juni 2023 10:41 6 Jun 2023 10:41

Thumbnail Rawan Kecelakaan, Pemkot Batu Ingin Jalur Ekstrem Klemuk Dihapus dari Google Maps Watermark Ketik
Palang pintu besi dan road barier dipasang untuk mencegah pengendara masuk jalur Klemuk Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kota Batu. (Foto Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemerintah Kota Batu Jawa Timur terus berupaya menanggulangi kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Klemuk Songgoriti di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu.

Salah satunya dengan mengusulkan jalan alternatif penghubung Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang dengan Kota Batu itu dihapus dari aplikasi peta online Google Maps.

Langkah itu ditempuh Pemkot Batu melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Batu setelah mendapat masukan dari warga sekitar jalur Klemuk. Menurut warga, banyak pengendara dari luar kota melintasi jalur Klemuk karena mengikuti arahan aplikasi Google Maps.

"Kami akan berkomunikasi dengan Google dalam waktu dekat perihal penghapusan jalur Klemuk dari Google Maps. Karena jalur itu sangat rawan kecelakaan," kata Tutri Laksono, Adi Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Persandian Diskominfo Kota Batu.

Jalur Klemuk dari Songgoriti menuju Pujon memiliki kondisi jalan yang menurun tajam. jalur ini kerap membuat kendaraan mengalami rem blong. Terutama bagi pengendara dari luar kota yang tidak mengetahui medan jalur tersebut.

"Sehingga dengan dihapusnya peta jalur Klemuk, pengendara akan melewati jalur payung yang lebih aman," tambahnya.

Tercatat beberapa kecelakaan pernah terjadi di jalur Klemuk Songgoriti ini. Kecelakaan besar terjadi pada tanggal 2 Juni 2017. Waktu itu, Sebuah mobil Elf bermuatan 16 orang mendadak remnya blong.

Sehingga menabrak tiga sepeda motor dan dua vila. Tabrakan tersebut mengakibatkan sopir dan salah satu pemilik vila meninggal dunia. Kecelakaan tidak hanya dialami kendaraan besar, kecelakaan sepeda motor pun juga terjadi.

Yang terbaru, pada 17 Mei 2023 lalu, sebuah truk mengalami rem blong ketika melintasi jalan Klemuk dari Pujon. Truk tersebut menabrak sebuah mobil dan tiga sepeda motor motor hingga menyebabkan tiga orang meninggal dunia.

Saat ini, semua kendaraan roda empat atau lebih dilarang melewati jalur Klemuk. Baik dari arah Pujon Kabupaten Malang maupun dari Kota Batu. Petugas memasang road barier dan palang besi untuk mencegah pengendara roda empat nekat masuk jalur Klemuk.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Klemuk