Rektor Prof Widodo: Lulusan Universitas Brawijaya Diminati Perusahaan Besar

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

10 Juni 2023 07:34 10 Jun 2023 07:34

Thumbnail Rektor Prof Widodo: Lulusan Universitas Brawijaya Diminati Perusahaan Besar Watermark Ketik
Rektor UB, Prof. Widodo memantau pelaksanaan Brawijaya Career Expo (Lutfia/Ketik)

KETIK, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) dikenal sebagai salah satu kampus yang menghasilkan lulusan unggul dan berkualitas. Rektor UB, Prof Widodo menjelaskan banyak perusahaan besar yang mempertimbangkan lulusan UB untuk bergabung.

Hal tersebut dijelaskan oleh Prof Widodo usai meninjau pelaksanaan Brawijaya Career Expo di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya pada Sabtu (10/6/2023). 

"Tentu ini (Brawijaya Career Expo) salah satu faktor yang menunjukkan, fresh graduate dari UB dipertimbangkan oleh perusahaan besar," papar Prof. Widodo.

Bukan hanya perusahaan besar, dalam kegiatan tersebut terdapat lembaga pemberi beasiswa maupun kesempatan bekerja ke luar negeri.

"Tidak hanya perusahaan, beberapa lembaga pemberi beasiswa, dari Jepang, Perancis, Amerika juga ikut. Ini membuktikan mereka berusaha mencari sumber daya manusia unggul di UB," lanjutnya.

Brawijaya Career Expo dianggap sebagai kewajiban kampus untuk membina karir para alumni. Ia berharap kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan para alumni untuk mengembangkan karirnya.

Foto Brawijaya Career Expo ramai diminati alumni yang mencari pekerjaan (Lutfia/Ketik)Brawijaya Career Expo ramai diminati alumni yang mencari pekerjaan (Lutfia/Ketik)

"Salah satu kewajiban kita di Universitas Brawijaya adalah untuk membina karir alumni. Tentu banyak teknis lain yang akan dikerjakan untuk membantu alumni mengembangkan karirnya," tambah Prof. Widodo.

Sementara itu, Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni, Karuniawan Puji Wicaksono membeberkan 70 persen alumni UB langsung mendapat pekerjaan dalam jangka waktu enam bulan.

"Jarak tunggu alumni untuk dapat kerja, rata-rata di bawah enam bulan. Antara 60-70 persen alumni UB langsung masuk mendapatkan pekerjaan yang layak," tegas Karuniawan.

Tak hanya itu, dari hasil pendataan diketahui bahwa pendapatan yang dihasilkan para alumni berada di angka Rp 5-10 juta. 

"Itu pendapatan rata-rata yang oaling besar dari 10 ribu lulusan yang kita telisik. Ada yang lebih besar dan ada yang lebih rendah, tapi sedikit," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Alumni UB Rektor UB Brawijaya Career Expo Job Fair UB lowongan pekerjaan Lulusan UB