Resmi Dilantik, 36 Panwascam se Pacitan Diminta Jaga Integritas

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Gumilang

25 Mei 2024 13:00 25 Mei 2024 13:00

Thumbnail Resmi Dilantik, 36 Panwascam se Pacitan Diminta Jaga Integritas Watermark Ketik
Acara Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu se-Pacitan, (25/5/2024). (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Sebanyak 36 orang anggota Panitia Pengawas Kecamatan atau Panwascam di 12 kecamatan di Pacitan dilantik Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Syamsul Arifin di Parai Beach Resort, Telengria Pacitan, Sabtu (25/5/2024).

Sebelumnya, sebanyak 14 orang panwascam di antaranya sudah melewati seleksi administrasi, computer assisted test (CAT), dan tes wawancara, merupakan wajah baru di perekrutan Panwascam 2024.

Sedangkan, 22 orang lainnya merupakan Panwascam lama yang dilantik kembali. Dalam sambutannya, Ketua Syamsul Arifin tak lupa mengucapkan selamat kepada 36 orang yang dilantik sebagai Panwascam tersebut.

Setelah dilantik, Syamsul berpesan Panwascam harus langsung siap bekerja, banyak pekerjaan pengawasan di depan mata. 

Utamanya soal pencegahan, pengawasan, dan penanganan pelanggaran mendapat atensi khusus dari Bawaslu Republik Indonesia.

"Sumpah dan janji dalam pakta integritas yang kita bacakan, itu melekat. Orang lain mungkin tidak tahu, tapi tuhan mengetahui Itu, maka jalankan amanah ini dengan baik," katanya.

Dia juga menyampaikan Panwascam harus menjadi benteng kokoh pengawasan tahapan pemilihan dengan profesional di tingkat kecamatan.

"Jadilah seperti layaknya benteng konstantinopel yang kokoh. Tak mudah tembus meski di gempur berbagai serangan. Pun hanya pemimpin hebat yang dapat menembusnya," ujarnya.

Sementara, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Masrukin berpesan agar panwascam di Pacitan menjalankan amanah tersebut dengan sungguh-sungguh. 

"Dalam kata-kata pelantikan yang telah dibacakan tadi, kami mohon untuk betul-betul di hayati, dipahami sehingga dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Yang kedua terkait pakta integritas yang menurut saya sangat tajam saat dibaca, jika kedua itu dilaksanakan kami pastikan perjalanan Pilkada 2024 akan berjalan sesuai dengan rulenya," tegasnya.

Ia juga berpesan, agar Panwascam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan dan kode etik. Serta selalu jaga independensi, netralitas, profesionalisme dan integritas.

“Saya harap saudara semua mampu meminimalisir segala bentuk penyimpangan pelanggaran dalam penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada, agar Pilkada Kabupaten Pacitan yang sukses tanpa kendala, lancar, aman dan kondusif,” ujarnya.

Masrukin mengungkapkan, tentunya Panwascam mempunyai tanggung jawab yang cukup berat untuk mengawal pelaksanaan Pilkada 2024. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bawaslu Pacitan pacitan