Ribuan Anak Ramaikan Acara Pawai Budaya di Probolinggo

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Mustopa

14 Agustus 2023 02:16 14 Agt 2023 02:16

Thumbnail Ribuan Anak Ramaikan Acara Pawai Budaya di Probolinggo Watermark Ketik
Salah seorang peserta pawai budaya dengan kostum uniknya. (Foto: Humas Kota Probolinggo)

KETIK, PROBOLINGGO – Sebanyak 2.075 siswa dan siswi dari 27 lembaga TK, KB, dan IGRA se Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo mengikuti acara pawai budaya dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, pada Minggu (13/8/2023).

Dalam acara yang mengambil rute di sepanjang jalan Jl. Suroyo, tepatnya di depan Museum Kota Probolinggo ke arah utara menuju SMPN I Kota Probolinggo itu, ribuan siswa dan siswi dari berbagai TK, KB, dan IGRA secara bergantian berjalan beriringan sambil mengenakan beraneka kostum budaya maupun kostum kreasi masing-masing. 

Pemandangan itu menarik perhatian masyarakat. Utamanya para orang tua yang datang dan mendampingi putra dan putrinya tampil dalam acara pawai budaya tersebut. 

"Kami hadir untuk melihat dan memberikan dukungan pada anak kami yang tampil dan ikut serta dalam acara pawai budaya ini. Memang sedikit repot karena harus cari persewaan kostum, namun hal itu setimpal ketika melihat anak kami tampil," ujar pasangan suami istri (Pasutri) Ridwan dan Jannah warga Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Minggu (13/8/2023). 

Menurut mereka, acara pawai budaya ini selalu dinanti oleh para orang tua tiap tahunnya. Pasalnya dalam kesempatan ini, mereka dapat melihat anaknya tampil mengenakan berbagai macam kostum yang menarik.

"Kami juga tak lupa untuk mengabadikannya menggunakan kamera ponsel. Sebagai kemang-kenangan bagi anak kami ketika mereka dewasa kelak," ujar keduanya. 

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Mayangan, Ida Wahyuni mengatakan, pihaknya menyelenggarakan acara Pawai Budaya ini bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air bagi anak didik.

"Rasa cinta tanah air, harus ditanamkan sejak usia dini. Harapannya agar mereka memiliki sikap dan sifat yang positif dan juga jiwa yang sportif,” katanya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo Siti Romlah, mengapresiasi seluruh panitia dan peserta pawai budaya tersebut.

“Apresiasi saya atas kegiatan pawai budaya pada hari ini. Sangat luar biasa, antusiasme dari seluruh peserta didik. Juga dukungan dari orang tua yang luar biasa pula. Sehingga kegiatan hari ini meriah dan membahagiakan,” ujarnya. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi pelecut bagi anak - anak agar dapat mengenal budaya dan keragaman di Indonesia.

“Hari ini ditampilkan berbagai macam budaya oleh anak-anak. Semoga kelak mereka tumbuh menjadi pribadi yang tangguh yang mampu menghargai keberagaman sebagaimana yang mereka tampilkan pada hari ini,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pawai Budaya HUT RI probolinggo