Ribuan Demo Buruh di Tunisia, Kecam Presiden Saied 

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

4 Maret 2023 21:53 4 Mar 2023 21:53

Thumbnail Ribuan Demo Buruh di Tunisia, Kecam Presiden Saied  Watermark Ketik
Pendukung Serikat Buruh Umum Tunisia (UGTT) memprotes Presiden Kais Saied, menuduhnya mencoba untuk menahan kebebasan dasar, termasuk hak-hak berserikat, di Tunis, Tunisia 4 Maret 2023. (Foto: CNN)

KETIK, JAKARTA – Serikat Pekerja UGTT Tunisia berunjuk rasa di ibu kota pada hari Sabtu, 4 Maret 2023, memprotes kebijakan Presiden Kais Saied. Ribuan pengunjuk rasa memenuhi Habib Bourguiba Avenue, jalan utama di Tunis Tengah, memegang spanduk bertuliskan 'Tidak untuk aturan satu orang' dan meneriakkan "Kebebasan! Akhiri negara polisi".

Serikat pekerja UGTT Tunisia, disebut-sebut sebagai serikat dengan pengaruh kuat, memprotes Presiden Tunisia yang baru-baru ini diberitakan melakukan penumpasan terhadap pihak yang menentangnya.

Disebutkan, Saied telah melakukan tindakan keras pertamanya sejak ia merebut kekuasaan luas pada 2021, yakni menutup parlemen dan melanjutkan sebagaimana diperintahkan dekrit.

Tindakan keras itu adalah yang terbesar sejak perebutan kekuasaan oleh Saied. Pihak yang menentangnya menyebutkan, Saied benar-benar menghancurkan demokrasi yang sebelumnya telah dimenangkan dalam revolusi 2011.

Menanggapi hal itu, Saied membantah tindakannya adalah bentuk kudeta. Ia mengatakan, hal itu legal dan harus dilakukan untuk menyelamatkan Tunisia dari kekacauan.

"Kami akan terus membela kebebasan dan hak, apa pun risikonya. Kami tidak takut dipenjara atau ditangkap," tegas pemimpin UGTT Noureddine Taboubi, dikutip Reuters, Sabtu (4/3/2023).

"Saya salut kepada para ahli hukum dan politisi di penjara Mornaguia," tambahnya merujuk pada para tahanan baru-baru ini.

Ketua Partai Buruh, Hamma Hammami mengatakan, protes adalah jawaban atas 'kediktatoran menakutkan' Saied.

"Dia ingin menyebarkan ketakutan, tapi kami tidak takut," ujar Hammami.

Diberitakan, pada pekan ini pihak berwenang telah melarang para pemimpin serikat pekerja asing memasuki Tunisia untuk mengambil bagian dalam aksi solidaritas dengan UGTT. Berkaitan dengan hal itu, Saied mengatakan ia tidak akan menerima orang asing untuk bergabung dalam protes. (*)

Tombol Google News

Tags:

Demo buruh Tunisia ribuan presiden Saied)