KETIK, PACITAN – Kerja keras seluruh jajaran pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Darsono, Kabupaten Pacitan, dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas, menuai penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat.
RSUD dr. Darsono meraih Piagam Penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dengan kategori “Sangat Baik” pada 2023.
Penghargaan ini ditetapkan di Jakarta pada 21 November 2023 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si.
Dalam acara Pameran Inovasi Pelayanan Publik yang digelar hari ini, Kamis, 31 Oktober 2024, penghargaan tersebut secara simbolis diserahkan kepada RSUD dr. Darsono.
Direktur RSUD dr. Darsono, dr. Iman Darmawan, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh tim yang terus berkomitmen menjaga standar pelayanan tinggi.
“Penghargaan ini kami dedikasikan untuk semua pegawai yang telah bekerja keras dan tak kenal lelah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ucap dr. Iman Darmawan kepada Ketik.co.id
Sekda, Heru Wiwoho (kiri piagam) dan dr. Iman Darmawan (kanan) saat simbolis penyerahan Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Pemkab. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)
dr. Iman berharap, penghargaan ini dapat memotivasi RSUD dr. Darsono untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan, sejalan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat di Kabupaten Pacitan.
Sementara itu, Pj. Bupati Pacitan, Budi Sarwoto berpesan, agar setiap instansi pemerintah di lingkungan Pemkab Pacitan selalu upgrade dan terus berinovasi.
"Semoga ini menjadi inspirasi agar selanjutnya bisa semakin lebih baik, dan lebih baik," katanya dihadapan para tamu undangan Pameran Inovasi.
Budi Sarwoto juga menekankan agar inovasi yang diciptakan tersebut tentunya harus mengutamakan dampak buat masyarakat luas.
"Inovasi-inovasi sangat penting. Namun yang terpenting adalah adanya dampak dari inovasi tersebut," tandasnya.
Sekadar informasi, selain penghargaan dari pemerintah pusat, RSUD dr. Darsono juga meraih piagam penghargaan sebagai responden terbanyak nomor 1, dengan jumlah 2847 responden dalam pelaksanaan survey kepuasan masyarakat.
Penilaian itu dilakukan melalui serangkaian evaluasi menyeluruh, mencakup analisis dokumen, visitasi langsung.
Hasilnya, RSUD dr. Darsono dinilai sukses mempertahankan kualitas pelayanan yang konsisten, meraih tingkat kepuasan yang tinggi di kalangan pasien dan masyarakat Pacitan. (*)