Sambut Muharram, Ponpes Nurut Taqwa Bagikan Susu Gratis untuk Santri

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

11 Juli 2024 14:06 11 Jul 2024 14:06

Thumbnail Sambut Muharram, Ponpes Nurut Taqwa Bagikan Susu Gratis untuk Santri Watermark Ketik
Kiai Nawawi saat menyuapi susu pada para santri di Halaman Ponpes Nurut Taqwa, Kecamatan Cermee Bondowoso (Humas Ponpes for ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Ada yang menarik dalam perayaan momen 1 Muharram di Pondok Pesantren Nurut Taqwa Cermee Kabupaten Bondowoso. Pengurus ponpes memberikan susu gratis bagi para santri.

Tak hanya gratis, pimpinan Ponpes Nurut Taqwa, yaitu Kiai Nawawi Maksum, menyuapi para santri.

Tampak para santri berbaris rapi menunggu antrian untuk mendapatkan giliran minum susu gratis. Kiai Nawawi memandu langsung dan memastikan semua santri mendapatkan bagiannya. 

Saat dikonfirmasi, Kiai Nawawi Maksum menjelaskan, kegiatan tersebut sebenarnya dalam rangka 1 Muharram, memulai tahun baru dengan perbuatan baik. 

“Putih artinya suci, maksudnya kita menginginkan selama satu tahun ke depan bisa diisi dengan hal-hal positif,” terangnya, Kamis (11/07/2024).

Menurutnya, pemberian susu gratis ini juga untuk memastikan para santri mendapatkan asupan yang baik. 

Apalagi kata dia, susu merupakan sumber protein dan banyak kandungan lain di dalamnya yang bermanfaat untuk kecerdasan otak. 

“Ini sangat penting untuk santri yang tengah menempuh pendidikan. Apalagi santri-santri yang usianya masih dini,” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan, agama juga mengajarkan agar penganutnya menjaga kesehatan. Hal itu dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad Saw melalui pola hidup sehat. 

Bahkan kata dia, Rasulullah tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan. "Beliau mengajarkan cara makan dan minum yang baik,” imbuh dia. 

Ulama muda ini meyakini bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sebab jika tubuh sehat konsentrasi pun meningkat, sehingga membantu aktivitas belajar mengajar berjalan dengan baik. 

“Semua harus dipikirkan, agar pendidikan di pesantren berjalan baik. Apalagi mereka generasi penerus 10 hingga 20 tahun mendatang,” terang dia. 

Menurutnya, pemberian susu gratis ini juga dalam rangka membantu program pemerintah dalam menyiapkan generasi emas menyambut satu abad kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2045.

Apalagi di tahun 2045 Indonesia akan mengalami bonus demografi di mana usia produktif mencapai sekitar 70 persen. Bahkan di tahun itu juga ekonomi Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. 

Oleh karena itu lanjut dia, Ponpes Nurut Taqwa menjadi bagian yang menyiapkan generasi unggul secara kualitas. Sebab bonus demografi tidak ada artinya jika hanya menang kuantitas. 

“Ponpes Nurut Taqwa siap mengambil keuntungan dari kondisi bonus demografi dengan menyiapkan generasi yang berkualitas dan unggul. Jangan sampai menang jumlahnya, tapi harus diimbangi kualitasnya,” tegas dia. 

Ia juga mengungkapkan, pemberian susu gratis ini juga dalam rangka menyambut program pemerintah yang sudah dijanjikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. "Nurut Taqwa memulai terlebih dahulu,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso #PonpesNurutTaqwaBondowoso #SusuGratis #SantriBeprestasi