Sejumlah Desa di Bondowoso Salat Idul Adha Lebih Awal, Ini Pesan Bupati Salwa

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Juni 2023 01:49 28 Jun 2023 01:49

Thumbnail Sejumlah Desa di Bondowoso Salat Idul Adha Lebih Awal, Ini Pesan Bupati Salwa Watermark Ketik
Bupati Salwa Arifin bersama Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir saat Gema Takbir Idul Adha 1444 H. (Foto: Humas Pemkab Bondowoso)

KETIK, BONDOWOSO – Sejumlah desa di Bondowoso merayakan Idul Adha 1444 H lebih awal, pada Rabu (28/6/2023) kemarin. Atau lebih awal sehari dari ketentuan Pemerintah.

Seperti di antaranya, Ponpes Al Islah, Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, dan Desa Suger Lor, Kecamatan Maesan. 

Bupati Salwa Arifin, dikonfirmasi awak media menjelaskan, pihaknya tak mempersalahkan hal itu. Bahkan, orang nomer satu di Bondowoso ini mengucapakan selamat merayakan Idul Adha bagi masyarakat di Bondowoso yang sudah merayakan sehari lebih awal. 

Hal itu disampaikannya usai pelaksanaan Gema Takbir Idul Adha 1444 H, di depan Masjid Agung At Taqwa, pada Rabu (28/6/2023) malam.

"Selamat merayakan Idul Adha di mana pun berada," ujarnya. 

Ketua DPRD Bondowoso, Ahmad Dhafir menambahkan, bahwa tak masalah jika merayakan lebih dahulu. Terpenting adalah hari raya. 

"Perbedaan itu bukan permusuhan. Perbedaan itu bentuk kebersamaan. Kita saling menghormati keyakinan. Kita semua satu," katanya. 

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Al Islah, KH. KH. Thoha Yusuf Zakaria, menjelaskan, bahwa pelaksanaan hari raya Idul Adha yang dilaksanakan lebih awal oleh pondok pesantrennya. 

Karena pihaknya mengikuti penentuan rukyat hilal Dzulhijjah berkaitan dengan wukuf di Arafah,manasik haji, Idul Adha dengan melihat pelaksanaan penduduk Mekkah 

"Jadi karena itu kami tidak mempermasalahkan perbedaan ini. Yang tanggal 29 punya dalil silahkan tidak papa, kami juga yang tanggal 28 juga punya hujjah," jelasnya. 

Ia pun meminta, hendaknya perbedaan ini tak menjadi permasalahan besar bagi umat Islam di seluruh Indonesia. Namun, jadikan perbedaan ini membuat seluruh umat muslim harus bersatu. 

"Karena seluruh perbedaan itu rahmat," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Idul adha Bondowoso Bupati Salwa Bupati Bondowoso