Sekolah Antartika Tebar Pesona dengan Pameran Karya

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

16 Juni 2023 15:43 16 Jun 2023 15:43

Thumbnail Sekolah Antartika Tebar Pesona dengan Pameran Karya Watermark Ketik
Stan-stan ekspo di Pameran Pendidikan Antartika Fair 2023 memamerkan beragam karya siswa dan peralatan belajar milik tiga sekolah di atrium Lippo Plaza. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Teknologi mampu memecahkan berbagai problem sehari-hari. Dari pekerjaan yang serbamanual kini menjadi dengan serbaotomatis. Murid-murid Sekolah Antartika pamer karya teknologi dan seni di atrium Lippo Plaza Sidoarjo.

Karya-karya itu merupakan hasil praktik belajar siswa tiga sekolah. Masing-masing SMA, SMK 1, dan SMK 2 Antartika. Masing-masing berunjuk karya sesuai bidang jurusan. Ada produk-produk jadi maupun jasa, seperti coffe shop lengkap dengan perangkatnya. Ada pula peralatan podcast, komplet dengan host-nya.

Sebagian lagi merupakan alat-alat pembelajaran untuk siswa SMK. Misalnya, injector cleaner untuk membersihkan injektor mobil dari karbon. Sekaligus mengetes pengabutan dan kebocoran tekanan.

Foto Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Dr Tirto Adi MPd membuka Pameran Pendidikan Antartika Fair Jumat (16/6/2023). (foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Dr Tirto Adi MPd membuka Pameran Pendidikan Antartika Fair Jumat (16/6/2023). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Mereka juga memamerkan mesin training berupa computer numerical control (CNC). Perangkat lunak ini dapat dipogram untuk menentukan pergerakan mesin peralatan pabrik dalam industri manufaktur.

Ada pula mesin cutting laser dan printing 3D. Dipamerkan juga rangkaian perangkat untuk menyalakan sepeda motor cukup dengan smartphone.

”Skalanya masih untuk pembelajaran, belum sampai produksi,” jelas Wahyu Robby Cahyadi, koordinator acara ekspo dengan tema Berbudaya Sadar Teknologi dan Religius Wujudkan Siswa Berprestasi dan Kompetitif itu.

Karya-karya itu menarik perhatian pengunjung mall. Sebelum pameran mulai, pengunjung Lippo Plaza baru berani melihat dari jauh. Ekspo kemudian dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Dr Tirto Adi MPd.

Seluruh jajaran sekolah di bawah naungan Yayasan Wahyuhana Surabaya ikut hadir. Setelah itu, pengunjung pun bisa menonton. Memperoleh penjelasan dari siswa dan guru di lokasi.

”Kami harapkan ekspo ini menarik. Terutama buat lulusan SMP dan MTs yang ingin melanjutkan sekolah,” tambah Wahyu yang juga guru teknik permesinan di SMK 1 Antartika tersebut.

Agar kegiatan ekspo semakin semarak, di lokasi acara ada juga beragam lomba. Ada lomba MLBB maupun e-sport Free Fire. Termasuk, lomba best jingle Pramuka penggalang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Antartika Pendidikan pameran teknologi Lippo Plaza Sidoarjo Dispendik Sidoarjo