Sesuai Pemetaan, 15 Desa di Halmahera Selatan Dapat Bantuan Bangunan Lumbung Pangan

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

31 Januari 2024 14:20 31 Jan 2024 14:20

Thumbnail Sesuai Pemetaan, 15 Desa di Halmahera Selatan Dapat Bantuan Bangunan Lumbung Pangan Watermark Ketik
Bupati Halsel Bassam Kasuba sacara simbolis menyerahkan bantuan ke warga (30/1/2024) (Foto: Alif/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan bangunan Lumbung Pangan di 15 Desa, sesuai dengan hasil pemetaan di 249 Desa se-Halsel.

Pemberian bantuan tersebut bersamaan dengan bantuan sejumlah 5 ton beras dan 2,5 ton sagu yang secara simbolis diserahkan langsung Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba di desa Gonone Kecamatan Gane Barat Selatan Selasa, (30/1/2024).

Sekretaris Dinas Pertanian Halsel, Hj. Suratmi Al Jogja dalam sambutannya menyampaikan, bangunan lumbung pangan merupakan solusi atas keadaan cuaca yang mengancam panen.

“Kita di Indonesia rata-rata makanan pokoknya adalah beras, maka keberadaan lumbung pangan ini juga sangat berguna, karena jumlah hasil panen akan sangat terpengaruh oleh cuaca ekstrim," ucapnya.

 “Kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap perkembangan pasokan bahan pangan yang kemudian dihasilkan oleh petani, hal inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, melalui Dinas Pertanian melakukan pemetaan di 249 Desa dan terdeteksi 15 Desa dengan kerawanan pangan tertinggi," tambahnya.

 Bupati Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Kabupaten akan terus mendorong program sebagaimana tercantum dalam salah satu visi misinya. "Yaitu untuk memastikan ketersedian pangan yang menjadi salah satu kebutuhan terpenting bagi masyarakat," ujarnya.

Orang nomor satu di Halsel itu berharap agar bangunan lumbung pangan tersebut dapat dipergunakan sebaik mungkin sesuai fungsinya.

“Saya secara pribadi merasa sangat bahagia karena bisa hadir di tengah-tengah keluarga sekalian yang ada di Desa Gonone, karena Gonone sendiri adalah Desa yang Istimewa bagi Kami. Mudah-mudahan dengan kehadiran lumbung pangan dan bahan pangan yang disediakan ini dapat dimanfaatkan dikelola sebaik mungkin, serta dan diberikan kepada penerima yang tepat”, ujar Bupati. (*)

Tombol Google News

Tags:

bantuan Bangunan Lumbung Pangan 15 desa Halsel Bassam Kasuba Dinas Pertanian Halsel