Tak Banyak Orang Tahu, Wisata Kolam Pengantin di Pacitan bak Surga Tersembunyi

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Naufal Ardiansyah

11 Juni 2023 12:12 11 Jun 2023 12:12

Thumbnail Tak Banyak Orang Tahu, Wisata Kolam Pengantin di Pacitan bak Surga Tersembunyi Watermark Ketik
Suasana Kolam Pengantin (Dong Manten) yang masih asri dan belum banyak terjamah wisatawan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Pernah tahu wisata Kolam Pengantin di Pacitan? Destinasi wisata tersembunyi ini memang tak banyak orang tahu.

Namanya "Dong Manten" atau Kolam Pengantin yang terletak di Desa Gawang, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Nama tersebut berasal dari legenda yang konon, air terjun tersebut pernah disinggahi sepasang pengantin baru usai dari hutan.

Sewaktu di perjalanan pulang, salah satu dari mereka terjatuh yang mengakibatkan meninggal dunia. Dari hal itu masyarakat setempat memberikan nama "Dong Manten" atau Kolam Pengantin.

Namun, di balik cerita seramnya itu, Air Terjun Dong Manten menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Di sana terdapat 3 tangga batu, yang memecah aliran air dan menciptakan air terjun indah.

Tidak berhenti disitu, terdapat pula kolam tenang nan hijau. Memandanginya sungguh menenangkan pun memanjakan mata.

Foto Para wisatawan tengah istirahat, dalam perjalanan lewat pinggir sungai menuju ke lokasi (Foto: Al Ahmadi)Para wisatawan tengah istirahat dalam perjalanan lewat pinggir sungai menuju ke lokasi. (Foto: Al Ahmadi)

Keindahannya terbukti. Pasalnya wisatawan asing berbondong-bondong mengunjungi tempat itu untuk berkemah maupun sekedar berpetualang.

"Berkali-kali turis datang ke Dong Manten. Ada juga wisatawan lokal yang kemari sambil membawa perlengkapan lengkap untuk camping," ujar Purwiyati (46), warga Desa Gawang, Minggu (11/6/2023).

Di samping itu, Kepala Desa Gawang Sugiyatno mengaku, sudah memiliki rencana untuk melakukan pembangunan wisata di tempat tersebut. Kendati, sejauh ini masih terkendala dengan minimnya pendanaan yang ada di desa.

"Cuma mau membangun ke situ, kami masih terkendala pendanaan. Apalagi, semisal dibuat jalan alternatif, masalahnya kiri kanannya itu kebun kopi milik masyarakat. Sementara ini lebih diprioritaskan kebutuhan yang lain dulu," katanya.

Pemerintah Desa Gawang (Pemdes Gawang), sementara sudah melakukan upaya melalui berbagai lintas sektor. Terkait dengan akses transportasi bagi usaha pertanian, dan sektor wisata yang menjadi harapan kedepan.

"Rencana sudah masuk agenda di Pemerintahan desa, terkait usulan ke Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi untuk jalan usaha tani. Jalan itu nanti dapat memudahkan akses ke Dong Manten, Dong Plupung juga," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dong Manten Kolam Pengantin pacitan Wisata Tersembunyi Pemdes Gawang wisata pacitan