Tak Hanya Jadi Guru, Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Unipar Kembangkan Skill Bisnis Digital

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

26 September 2023 14:16 26 Sep 2023 14:16

Thumbnail Tak Hanya Jadi Guru, Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Unipar Kembangkan Skill Bisnis Digital Watermark Ketik
Endy Junaedy Kurniawan, Associate Trainer PT Atensi Akselerasi Indonesia, tengah memaparkan materi Meneropong Peluang Wirausaha Digital untuk Mahasiswa (26/9/2023) (Foto: dokumentasi pribadi)

KETIK, JEMBER – Menghadapi era digital, mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Universitas PGRI Argopuro (Unipar) Jember terus mengembangkan berbagai kemampuan. Tak hanya di bidang pendidikan yang jadi fokus studi mereka, tapi juga dalam bisnis digital.

Salah satunya dengan mengikuti seminar wirausaha digital. Potensi mereka disiapkan untuk menghadapi dunia kerja dan tantangan era digital di masa depan. 

Seminar program pengembangan kompetensi wirausaha digital digelar pada Selasa (26/9/2023) siang yang diikuti ratusan mahasiswa PLB yang juga sebagian merupakan penyandang disabilitas.

Kegiatan bertajuk Meneropong Peluang Wirausaha Digital untuk Mahasiswa, didatangkan narasumber dari PT Atensi Akselerasi Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Digital Customer Service.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari sampai Rabu (27/9/2023) juga melibatkan praktisi di bidang wirausaha digital serta civitas akademika baik dosen dan mahasiswa. 

Wawasan yang disampaikan tentang berbagai aspek bisnis online, termasuk strategi pemasaran digital, manajemen media sosial, dan pengembangan platform e-commerce.

Ketua Prodi PLB, Lailil Aflahkul Yaum, mengatakan seminar ini merupakan program kompetensi kampus merdeka. Untuk pengembangan kompetensi mahasiswa selain bidang pendidikan.

"Kami ingin memastikan bahwa mahasiswa PLB, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus, tidak hanya mengandalkan pendapatan sebagai profesi guru, tapi juga punya pendapatan dari ilmu wirausaha digital,” ungkap Lailil saat diwawancarai oleh Ketik.co.id.

Menurut Lailil, seminar ini sejalan dengan visi-misi rektor Unipar Jember dengan tiga pilar penting yaitu kewirausahaan, kearifan lokal, dan disabilitas. “Tentu Wirausaha digital bagi mereka itu memberikan kesempatan pendidikan kepada penyandang disabilitas,” lanjutnya.

Program pelatihan wirausaha merdeka, lanjutnya, diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan sampai implementasi kehidupan sehari-hari. “Kerjasama ini harapan kami mahasiswa bisa magang di PT Atensi,” tuturnya.

Sementara, Endy Junaedy Kurniawan, Associate Trainer PT Atensi Akselerasi Indonesia, pihaknya menjadi mentor dalam mengembangkan iklim wirausaha di Unipar Jember. 

Foto Foto bersama Endy Junaedy Kurniawan dengan mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Unipar Jember, Selasa (26/9/2023) (Foto: dokumentasi pribadi)Foto bersama Endy Junaedy Kurniawan dengan mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Unipar Jember, Selasa (26/9/2023) (Foto: dokumentasi pribadi)

Pria yang akrab disapa Endy, memaparkan materi tentang cara meneropong peluang dan mengeksekusi bisnis wirausaha digital untuk mahasiswa. Dengan langkah yang relatif mudah dilakukan.

“Karena hampir setengah peserta adalah penyandang disabilitas, jadi bagaimana temen-temen disabilitas bisa memberdayakan diri untuk menjadi pengusaha,” terang Endy yang juga CEO & Co-Founder UMRA.ID.

Seminar ini kemudian mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan infrastruktur teknologi yang sudah canggih yang memudahkan pelaku bisnis dari seluruh penjuru daerah dengan menggunakan platform sosial media.

“Tadi saya sampaikan bukan hanya menjadi penikmat, tapi juga menciptakan brand dan produk inovasi agar memiliki nilai tambah,” tegas pria berkacamata itu.

Program kampus merdeka ini diharapkan dapat berkelanjutan. Tidak hanya seminar dan pelatihan saja tapi bisa sampai di titik pendampingan “Karena itu paling krusial dari implementasi wirausaha. Dengan dampingan secara terus menerus sehingga mencetak wirausahawan,” pungkas Endy.

Pelatihan ini menjadi contoh bagaimana pendidikan tinggi dapat berperan dalam meningkatkan keterampilan dan peluang bagi semua mahasiswa, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus, untuk meraih kesuksesan di era digital. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wirausaha Digital Pendidikan Luar Biasa disabilitas Pelatihan wirausahawan Unipar Jember Jember Endy Kurniawan PT Atensi Akselerasi Indonesia kampus merdeka Difabel Unipar