Terdaftar Ganda, Penyanyi Emilia Contessa Memilih Daftar Caleg DPR RI

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

29 Agustus 2023 08:07 29 Agt 2023 08:07

Thumbnail Terdaftar Ganda, Penyanyi Emilia Contessa Memilih Daftar Caleg DPR RI Watermark Ketik
Emilia Contessa saat mendaftarkan diri ke KPU Jatim.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Setelah sempat mendaftarkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD ) Jatim untuk pemilu 2024, penyanyi legendaris Emilia Contessa memilih mundur dan berganti haluan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Dapil Jatim III dari partai Perindo.

Hal ini diungkapkan oleh Komisioner KPU Jatim Insan Qoriawan, saat KPU Jatim merilis Daftar Calon Sementara (DCS) pada19 Agustus 2023 lalu. 

"Karena sebelumnya namanya tercatat ganda di daftar caleg dan anggota DPD, jadi harus memilih salah satu," jelas Insan.

Kemunduran Emilia dari pencalonannya sebagai anggota DPD tentu cukup mengejutkan. Hal ini lantaran sebelumnya dirinya dinyatakan memenuhi syarat pada tahap verifikasi bersama dengan belasan calon yang lain.

"Beliau lebih memilih mencalonkan diri menjadi caleg DPR RI. Oleh sebab itu kami hapus dari calon DPD," tambah Insan.

Sebagai informasi sebelumnya Emilia Contesa menjabat anggota DPD RI periode 2014-2019 dengan perolehan suara mencapai 1.660.542. Lalu pada 2019 dirinya kembali mencalonkan diri namun sebagai anggota DPR RI di dapil Jatim IV, namun gagal ke Senayan karena perolehan suara yang kurang.

Dengan mundurnya Emilia Contessa otomatis saat ini hanya tersisa 13 nama bakal calon anggota DPD Jatim, yang akan bertarung memperebutkan suara pada pemilu 2024 nanti.(*)

Tombol Google News

Tags:

Emilia Contessa DPD Jatim DPR RI Perindo Pileg2024 pemilu 2024