Terima SK PISEW, 28 Desa Kabupaten Madiun Digelontor Rp7 Miliar

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: M. Rifat

29 Mei 2023 12:12 29 Mei 2023 12:12

Thumbnail Terima SK PISEW, 28 Desa Kabupaten Madiun Digelontor Rp7 Miliar Watermark Ketik
Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro saat menyampaikan SK PISEW kepada 28 Desa Diwilayahnya. (Foto: Humas Pemkab Madiun)

KETIK, MADIUN – Pembangunan infrastrukstur di desa-desa Kabupaten Madiun dipastikan semakin pesat. Seiring 28 desa dari 14 kecamatan di Madiun mendapat status Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW).

Desa yang menyandang status PISEW itu merata di 14 kecamatan, masing-masing kecamatan terdapat dua desa tersebut.

Konsekuensi desa yang mendapat SK PISEW ini mendapat tambahan anggaran setengah miliar rupiah yang kegiatannya dapat dilakukan secara swakelola.

Kepala Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Timur, Denny Kumara mengatakan PISEW merupakan progam berbasis masyarakat yang direncanakan dan dilaksanakan oleh masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan infrastruktur di pedesaan.

Kata dia, di Kabupaten Madiun terdapat 28 penerima program PISEW yang tersebar di 14 kecamatan. Masing-masing desa menerima Rp 500 juta dari program tersebut.

‘’Sehingga dari 14 kecamatan itu masing-masing menerima Rp 500 juta. Sedangkan waktu pelaksanaan mulai hari ini sampai 3 bulan kedepan,” tegasnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro atau Kaji Mbing mengatakan program PISEW merupakan salah satu kegiatan pembangunan berbasis masyarakat di lingkungan Dirjend Cipta Karya Kementerian PUPR.

‘’Kegiatan ini (Pisew) mengusung konsep pembangunan infrastruktur yang mendukung pengembangan aktivitas sosial dan perekonomian lokal antar kawasan di permukiman perdesaan,’’ ungkapnya.

Kaji Mbing berharap dalam kegiatan PISEW ini dapat terbangun infrastruktur yang benar-benar dapat meningkatkan sektor perekonomian dan pariwisata di wilayah perdesaan.

Peran serta masyarakat dalam pembangunan juga diharapkan dapat maksimal terlibat dengan munculnya gotong-royong, swadaya dan swakelola.

“Kepada 28 Desa di 14 Kecamatan penerima program ini (PISEW), kami ucapkan selamat bekerja,” tegasnya.

Sekadar diketahui Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro menyerahkan SK PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah) kepada 14 Camat di Kabupaten Madiun, sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kontrak Swakelola Kegiatan PISEW, di Aula Pendopo Kecamatan Dolopo.

Penyerahan SK PISEW ini disaksikan Kepala Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Timur, Kepala Bappeda, Kurnia Aminulloh, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Hari Pitojo. (*)

Tombol Google News

Tags:

PISEW Pembangunan desa Infrastruktur Desa Kampung Pesilat Bupati Kaji Mbing Ahmad Dawami Ragil Saputro Bupati Madiun