Tingkatkan Angka Konsumsi Ikan, Pemkab Bandung Raih Penghargaan dari KKP 

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

14 April 2023 14:43 14 Apr 2023 14:43

Thumbnail Tingkatkan Angka Konsumsi Ikan, Pemkab Bandung Raih Penghargaan dari KKP  Watermark Ketik
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Budi Sulistiyo memberikan penghargaan kepada Pemkab Bandung atas peningkatan konsumsi ikan, di PIM Soreang, Jumat (14/4/23). (Foto: Diskominfo)

KETIK, BANDUNG – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Pasar Ikan Murah Ramadan (PIMR) di Pasar Ikan Modern (PIM) Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, Jumat (14/4/2023). 

Pada kesempatan itu, Plt. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Ishartini memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pangan dan Perikanan.

Penghargaan diberikan karena Pemkab Bandung dinilai concern melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka meningkatkan angka konsumsi ikan melalui berbagai program inovatif yang dilakukan.

Seperti berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam penyediaan ikan konsumsi yang berkualitas bagi masyarakat, kampanye Gemarikan dan Safari Ikan Goes to School.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan KKP, terlebih lagi Kabupaten Bandung dipilih menjadi lokasi Pasar Ikan Murah Ramadan KKP. 

"Kami sangat bersyukur dan mengapresasi penghargaan yang diberikan KKP atas upaya Pemkab Bandung dalam meningkatka konsumsi ikan," ucap Sekda. 

Lebih jauh Cakra Amiyana memapatkan, angka stunting di Kabupaten Bandung tahun 2022 mencapai 25 persen. Selanjutnya tahun 2023 ditargetkan angka ini turun menjadi 22 persen dan diharapkan 18 persen di tahun 2024.

Cakra mengakui walaupun Kabupaten Bandung mendapat penghargaan dalam perencanaan pembangunan tingkat ke 2 se-Jawa Barat, namun di balik penghargaan tersebut masih tersimpan begitu banyak pekerjaan rumah. 

Salah satunya membangun SDM berdaya saing dengan membangun generasi muda yang dimulai dari usia dini. 

“Maka dengan konsumsi ikan ini bisa meningkatkan kecerdasan dan bisa mengurangi angka stunting,” tegas Cakra.

Apabila konsumsi diarahkan ke ikan, lanjut Cakra, tentunya akan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. 

“Dengan demikian pula bahaya penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes dapat dikurangi,” jelaasnya.

Foto Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo  didamping Sekda Kab Bandung Cakra Amiyana saat meninjau Pasar Ikan Modern Soreang, Jumat (14/4/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo didamping Sekda Kab Bandung Cakra Amiyana saat meninjau Pasar Ikan Modern Soreang, Jumat (14/4/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Sementara itu Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo menerangkan, kegiatan Pasar Ikan Murah Ramadan yang dilaksanakan di PIM Soreang ini bertujuan untuk menyediakan sumber protein hewani jelang Idulfitri, sekaligus mendekatkan ikan ke masyarakat yang jauh dari laut.

"Kegiatan PIMR 2023 menjadi salah satu upaya KKP meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, serta menjamin ketersediaan dan keterjangkauan produk kelautan dan perikanan selama bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri," jelas Budi. 

Budi mengungkapkan, sebagai sumber protein hewani, ikan memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan omega 3 juga bagus bagi tumbuh kembang janin dan otak anak. Karenanya, dia mengajak masyarakat untuk terus mengonsumsi ikan selama Ramadan, termasuk berlebaran. 

"Harga ikan ini kalau boleh dibilang harganya kaki lima, tapi manfaatnya bintang lima. Jadi, mari rayakan momen Lebaran nanti dengan menu ikan, agar silaturahminya semakin sehat," sambungnya. 

Penyelenggaraan Pasar Ikan Murah Ramadhan (PIMR) 2023/1444 H bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dan melibatkan pelaku usaha/UMKM setempat, baik di pasar tradisional, pasar ikan modern, kantor K/L, kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tempat lainnya yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Adapun para peserta pada PIMR 2023 terdiri dari PT Kelola Mina Laut, PT Bali Maya, Adisyafidz Barokah, Hanada, Tanias Food, Aura Food, Batandu Abadi, Rumah Abon, dan UMKM lokal binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung, yang menyediakan berbagai produk perikanan berupa ikan segar, ikan beku, ikan olahan dan aneka kuliner berbahan baku ikan. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

Ikan PEMKAB BANDUNG KKP kementerian kelautan perikanan