Pemkab Bandung Ingin Geo Dipa Jadi Pelopor Jaga Keseimbangan Ekosistem dan Pemberdayaan Masyarakat

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

9 September 2024 17:34 9 Sep 2024 17:34

Thumbnail Pemkab Bandung Ingin Geo Dipa Jadi Pelopor Jaga Keseimbangan Ekosistem dan Pemberdayaan Masyarakat Watermark Ketik
Sekda Kab Bandung Cakra Amiyana, saat seremonial 10 Tahun Sinkronisasi PLTP Patuha Unit 1 PT Geo Dipa Energi, di Dusun Rancabolang Desa Sugihmukti, Kec Pasirjambu, Senin (9/9/24).(Foto:Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung mengapresiasi upaya dan kontribusi PT Geo Dipa Energi, yang telah konsisten memanfaatkan panas bumi menjadi energi listrik yang ramah lingkungan. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana, saat seremonial 10 Tahun Sinkronisasi PLTP Patuha Unit 1 PT Geo Dipa Energi, di Dusun Rancabolang Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Senin (9/9/2024).

Sekda Kab Bandung mengatakan, selama 10 tahun sinkronisasi PLTP Patuha Unit 1 telah menunjukkan kontribusi nyata dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan di Indonesia. 

"Selain itu, pemanfaatan panas bumi ini tidak hanya membantu menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, salah satunya melalui dukungan program Bedas Caang Baranang," imbuh sekda saat membacakan sambutan Bupati Bandung Dadang Supriatna. 

Dengan demikian, kata Cakra Amiyana, PLTP Patuha diharapkan dapat terus berkontribusi dan tetap konsisten sebagai pembangkit listrik panas bumi yang berfokus pada pengelolaan yang berkelanjutan. 

"Ini mencakup perhatian yang serius terhadap aspek lingkungan serta aspek sosial, dengan ikut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional PLTP," ujar Cakra yang akrab disapa Ami ini.

Pihaknya berharap agar PT Geo Dipa Energi dapat terus mengembangkan inovasi dan teknologi dalam pengelolaan energi geothermal ini. 

"Ke depan, kita perlu menyadari bahwa tantangan akan semakin kompleks, termasuk kebutuhan energi yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk," ungkapnya. 

Oleh karena itu, keberadaan PLTP seperti Patuha menjadi sangat strategis, tidak hanya sebagai penyedia energi yang berkelanjutan, imbuh Ami, tetapi juga sebagai pelopor dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan pemberdayaan masyarakat.

Pihaknya juga ingin menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. 

"Dengan adanya sinergi ini, saya yakin kita dapat mewujudkan Kabupaten Bandung yang lebih Bedas dan berdaya saing, serta memberikan manfaat yang luas bagi seluruh masyarakat," ucapnya.

Geothermal merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan di Indonesia. Sumber energi ini memiliki karakteristik yang stabil dan ramah lingkungan, sehingga sangat cocok untuk menjadi andalan dalam memenuhi kebutuhan energi nasional.

"Saya mengucapkan selamat kepada PT Geo Dipa Energi, atas pencapaian PLTP Patuha Unit 1. Semoga kesuksesan ini dapat terus berlanjut dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat dan lingkunga," ucap sekda.(*)

Tombol Google News

Tags:

geodipa GEO DIPA PEMKAB BANDUNG sekda kab bandung cara amiyana pltp