Universitas Brawijaya Tambah Tiga Unit Usaha Baru

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

24 April 2024 10:28 24 Apr 2024 10:28

Thumbnail Universitas Brawijaya Tambah Tiga Unit Usaha Baru Watermark Ketik
Dari Kiri ke Kanan: Direktur Utama PT BMU Dr. Edi Purwanto, S.Tp., M.M dan Sekun Dr. Tri Wahyu Nugroho, S.P., M.Si. (Foto: Humas UB)

KETIK, MALANG – Universitas Brawijaya melalui PT Brawijaya Multi Usaha (BMU) menambah tiga unit usaha baru. Ketiga unit tersebut ialah UB Catering, UB Science and Technology, dan UB Tour&Travel.

Direktur Utama PT BMU Dr. Edi Purwanto menjelaskan UB Catering memiliki fokus dalam bidang makanan dan minuman. Begitu pula dengan UB Science and Technology menjadi unit usaha yang fokus pada layanan barang dan alat laboratorium.

“Berbeda dengan laboratorium fakultas, kami juga menyediakan berbagai kompetensi bagi mahasiswa sehingga setelah lulus dapat bersaing dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI),” ujar Edi.

Selain itu UB Tour&Travel menjadi unit usaha yang memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan perusahaan lain. Dalam UB Tour&Travel, kegiatan studi banding dengan luar negeri baik instansi maupun universitas dapat dilayani. Unit ini juga bekerjasama dengan UB Forest sebagai destinasi alam pilihan wisatawan.

“PT BMU telah menjalin kerjasama dengan 132 negara dan berbagai kampus luar negeri. Kami juga merupakan perusahaan milik Universitas Brawijaya, jadi 100 persen sahamnya dimiliki oleh UB," lanjutnya.

Rektor UB, Prof. Widodo turut mengapresiasi capaian dan kinerja PT BMU tersebut. Menurutnya usaha yang telah dirintis oleh PT BMU tak dapat jika hanya mementingkan profit. Beberapa aspek harus selalu diperhatikan, khususnya kualitas layanan yang diberikan.

“Kita ingin badan usaha kita tidak hanya mementingkan profit, namun juga menjamin kualitas layanan kepada sivitas akademika dan seluruh stakeholder,” ujarnya.

Melalui PT BMU, Prof Widodo berharap pemasukan UB dapat terbantu dan layanan kampus dapat semakin meningkat. Ia sempat menyebut bahwa perputaran ekonomi yang ada di UB mampu mencapai Rp 2 triliun. Oleh karena itu target yang harus dicapai minimal 30 persen.

“PT BMU juga merupakan wajah dari UB. Sehingga diharapkan dapat berkontribusi besar dan meningkatkan branding yang selama ini telah dibangun oleh UB,” tutup Prof. Widodo. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Badan Usaha UB Universitas Brawijaya Kota Malang PT Brawijaya Multi Usaha