Yuk Berbagi, Jember Mini Zoo Punya Program Donasi Paket Eduwisata untuk Anak Yatim

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

23 Maret 2023 05:07 23 Mar 2023 05:07

Thumbnail Yuk Berbagi, Jember Mini Zoo Punya Program Donasi Paket Eduwisata untuk Anak Yatim Watermark Ketik
Antusiasme anak-anak panti asuhan saat mengikuti serangkaian kegiatan Ramadan Berbagi Kebahagiaan. (Foto: Jember Mini Zoo untuk ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pada bulan Ramadan penuh berkah seperti saat ini, umat muslim berbondong-bondong menunaikan ibadah puasa, salat tarawih, hingga bersedekah.

Di bulan penuh kebaikan ini, tak sedikit umat muslim yang menyisihkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang membutuhkan.

Apalagi, memasuki bulan Ramadan seperti ini juga mulai bermunculan kegiatan donasi atau penggalangan dana yang dilakukan instansi atau kelompok. Mereka akan menyalurkannya untuk mereka yang membutuhkan.

Untuk itu, Jember Mini Zoo turut meramaikan bulan Ramadan ini dengan mengadakan program Ramadan Berbagi Kebahagiaan. Hal tersebut menjadi wadah memberikan santunan kepada anak yatim piatu di beberapa yayasan dan panti asuhan di Kabupaten Jember.

Program santunan ini dikemas menarik dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki Jember Mini Zoo. Itu seperti menyuguhkan paket wisata dan edukasi mengenai satwa serta buka puasa bersama yatim piatu.

Arief selaku General Manager mengungkap sebelumnya Jember Mini Zoo juga pernah mengajak anak-anak yayasan panti asuhan untuk bermain di tempat mereka. Menurutnya, hasil yang didapatkan dari program itu sangat baik.

Arief mengatakan jika anak-anak tersebut sangat senang dan antusias mendapatkan pengalaman liburan dan wisata yang sebelumnya belum pernah mereka dapatkan.

Foto Salah satu wisata satwa yang ada di Jember Mini Zoo (Foto: Fenna/ketik.co.id)Salah satu wisata satwa yang ada di Jember Mini Zoo. (Foto: Fenna/ketik.co.id)

"Setelah saya bikin acara kayak gitu ternyata ambience-nya happy banget. Bahkan mereka kalau ditanya itu seneng banget dan nggak ngerasa capek,” terang Arief kepada Ketik.co.id.

Melihat dampak yang sangat baik itu, Arief kemudian mencetuskan sebuah program berbagi kebahagiaan ini untuk mengajak orang-orang yang ingin memberikan donasi dengan memanfaatkan bulan suci Ramadan.

"Saya berpikir di bulan Ramadan ini orang biasanya mencari berkah di bulan yang suci ini, apalagi kalau bersedekah paling bagus di bulan Ramadan,” tambah pria berkacamata itu.

Pada rangkaian kegiatan program ini nantinya anak-anak yayasan panti asuhan akan dijemput dengan angkutan umum. Setelah sampai di Jember Mini Zoo, kegiatan dimulai dengan senam bersama, tour eduwisata, Carousel, Mini Train, Rumah Kucing, Brahma Animal Show, doa dan buka puasa bersama, serta pembagian bingkisan.

Realisasi program Ramadan Berbagi Kebahagiaan ini dimulai sejak hari kedua bulan Ramadan. Hingga saat ini Jember Mini Zoo telah menggandeng 30 lebih yayasan panti asuhan.

Mereka memprioritas yayasan panti asuhan yang jarang terjamah. “Harapannya kalau bisa adik-adik yang memang jarang terjangkau, maksudnya itu yang nggak pernah main ke kota gak pernah tau liburan,” tutur Arief.

Tak berhenti di situ, Jember Mini Zoo juga akan menyampaikan laporan untuk para donatur mengenai realisasi dana yang telah digunakan dalam program tersebut.

"Sistemnya itu donatur masuk, kita data, dan kita informasikan dalam bentuk laporan berupa foto kegiatan, uangnya itu dibuat apa aja, semua detail disitu. Karena kita dikasih amanah sama orang,” terang Arief.

Arief berharap dengan adanya program Ramadan Berbagi Kebahagiaan ini dapat membuka wawasan baru bagi masyarakat Jember bahwa berbagi itu dapat dilakukan dengan banyak cara. Serta menjembatani Jember Mini Zoo untuk terus memberikan yang terbaik kepada lingkungan sekitar.

Donasi yang ditawarkan Jember Mini Zoo sejumlah Rp75.000 untuk satu santunan anak yatim dan berlaku kelipatan dan akan dibuka sampai tanggal 17 April 2023. Siapa saja yang ingin berpartisipasi sebagai donatur dalam program Ramadan Berbagi Kebahagiaan bisa melakukan transfer via bank.

Yaitu rekening Bank Mandiri dengan nomor 1430 5997 000 00 (atas nama PT Jaya Multi Zaman) dan Bank BCA dengan nomor 1475 8088 88 (atas nama Adnan Mochammad). Untuk konfirmasi dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi via WhatsApp 0813-3656-5500 atau mengunjungi akun Instagram resmi @jemberminizoo.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jember Mini Zoo donasi anak yatim yayasan panti asuhan edukasi wisata Ramadan berbagi kebahagiaan