Yuk Kenalan dengan Chinchilla, Peliharaan yang Menggemaskan 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

5 Maret 2023 03:18 5 Mar 2023 03:18

Thumbnail Yuk Kenalan dengan Chinchilla, Peliharaan yang Menggemaskan  Watermark Ketik
Potret binatang menggemaskan Chinchilla. (Foto: Official Peta) 

KETIK, SURABAYA – Chinchilla adalah sejenis hewan pengerat yang berasal dari pegunungan Andes Amerika Selatan. Keunikan dari binatang ini adalah memiliki bulu yang tebal dan sangat lembut dan halus.

Bulu-bulu ini memiliki kepadatan rambut tertinggi di antara hewan darat dengan 20.000 rambut per sentimeter persegi.

Rambut mereka juga begitu padatnya hingga parasit kulit (seperti kutu) tidak dapat hidup karena akan mati tercekik. Jika rambut manusia tumbuh dari tiap folikel, seekor chinchilla dapat memiliki 50 rambut dari satu folikel. 

Foto Chinchilla berasal dari pegunungan Andes. (Foto: Pinterest)Chinchilla berasal dari pegunungan Andes. (Foto: Pinterest)

Selain memiliki bulu yang padat, Chinchilla memiliki hidup yang panjang hingga 20 tahun.

Chinchilla adalah sejenis hewan omnivora yang memakan berbagai macam tanaman misalnya kaktus, buah berry serta pula serangga maupun telur burung.

Hewan ini berukuran hampir sama yang mencapai panjang antara 23-26 cm dan beratnya antara 280 hingga 450 gram, demikian berdasarkan Smithsonian's National Zoo.

Hewan ini terdiri dari berbagai warna, misalnya warna seperti krem, putih, dan eboni. Bahkan ada yang berwarna safir, ungu, arang, dan beludru.

Chinchilla termasuk hewan yang beristirahat pada siang hari dan beraktivitas pada malam hari, sehingga binatang ini termasuk dalam jenis crepuscular dan nokturnal yang aktif pada sore hingga malam hari, sesuai dalam laman Livescience.

Salah satu keunikan lain dari chinchilla adalah sifat dari pejantan dan betinanya yang cenderung berbeda.

Dilansir dari Livescience, betinanya cenderung memiliki sifat monogamous atau hanya kawin pada satu pejantan untuk seumur hidupnya. Berbanding terbalik dari betinanya, jantannya justru dapat kawin pada beberapa betina. 

Foto Chinchilla merupakan hewan omnivora. (Foto: Pinterest)Chinchilla merupakan hewan omnivora. (Foto: Pinterest)

Tak hanya itu saja, binatang mamalia ini juga acap kali menjadi agresif pada sesama betina. Namun saat musim kawin, betinanya juga dapat menjadi agresif kepada pejantannya.

Nah, yang perlu diperhatikan jika memelihara chinchilla dan memegangnya tidak tepat ia akan menggigit. Untuk itu penting pengasuhan yang tepat saat memelihara chinchilla. Nah, berminat mempunyai chinchilla ini di rumah? (*)

Tombol Google News

Tags:

Chinchilla peliharaan hewan pengerat