KAI Daop 8 Surabaya dan Satlantas Polres Tanjung Perak Gelorakan Taat Berlalu Lintas

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

19 September 2024 12:54 19 Sep 2024 12:54

Thumbnail KAI Daop 8 Surabaya dan Satlantas Polres Tanjung Perak Gelorakan Taat Berlalu Lintas Watermark Ketik
Sosialisasi KAI Daop 8 Surabaya dan Korlantas Polri. (Foto: Humas Daop 8 Surabaya)

KETIK, SURABAYA – KAI Daop 8 Surabaya bersama Satlantas Polres Tanjung Perak menggelar sosialisasi keselamatan pada Kamis 19 September 2024. Kegiatan tersebut untuk menggelorakan budaya mentaati berlalu lintas di perlintasan kereta api sekaligus memperingati HUT ke-79 KAI dan HUT 69 Korlantas Polri.

Sosialisasi keselamatan dilakukan di Perlintasan JPL 405a, Jl Dupak Rukun, Kota Surabaya, petak jalan antara Stasiun Surabaya Pasarturi-Stasiun Tandes.

Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya Wisnu Pramudyo menjelaskan, tema kegiatan ini adalah "Taat Berlalu Lintas di Perlintasan, Cermin Budaya Bangsa Indonesia Maju".

"Sebagai upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan di perlintasan sebidang kereta api agar keselamatan lalu lintas di perlintasan sebidang dapat terus ditingkatkan,” jelasnya dalam keterangan yang diterima Ketik.co.id.

Wisnu menjelaskan peserta kegiatan sosialisasi keselamatan di perlintasan selain dari pekerja KAI, juga melibatkan personil Polres Tanjung Perak, Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Kejaksaan Tanjung Perak, Pengadilan Negeri Surabaya, Bank BRI, Jasa Raharja, serta komunitas pecinta kereta api.

"Sosialisasi ini dilakukan secara humanis serta tetap mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan," terang Wisnu.

Selain itu, petugas dari Satlantas Polres Tanjung Perak akan melakukan penegakan hukum berupa tilang di tempat untuk masyarakat yang melakukan pelanggaran aturan berlalu lintas, khususnya di perlintasan sebidang.

Sebelumnya, sosialisasi telah dilakukan dan memberi peringatan kepada pengendara yang melanggar rambu lalu lintas.

Wisnu juga menambahkan, KAI memberikan penghargaan untuk para pengendara yang mentaati peraturan, Daop 8 Surabaya menghadiahkan sebuah souvenir menarik.

"Pemberian souvenir akan diberikan kepada pengendara yang disiplin seperti yang menggunakan helm lengkap dan mengikuti rambu lalu lintas dengan baik saat melintas di perlintasan sebidang,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkret kolaborasi KAI dan Korlantas Polri dalam upaya meningkatkan Keselamatan Berlalulintas di perlintasan sebidang.

Pihaknya mengajak seluruh pengguna jalan untuk mentaati rambu lalu lintas dan berperan aktif dalam menjaga keselamatan bersama di area perlintasan sebidang.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya disiplin berlalu lintas di perlintasan sebidang kereta api, karena keselamatan merupakan tanggung jawab bersama,” ungkap Wisnu Pramudyo.

"Kami berharap kegiatan ini dapat terus membangun kesadaran masyarakat bahwa disiplin berlalu lintas adalah bagian dari budaya bangsa yang maju dan keselamatan adalah tanggung jawab bersama," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KAI HUT Korlantas HUT KAI sosialisasi keselamatan KAI Daop 8 Surabaya Wisnu Pramudyo