Cegah Kecelakaan Libur Nataru, Polres Malang Tes Urine Sopir Angkutan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

23 Desember 2023 13:45 23 Des 2023 13:45

Thumbnail Cegah Kecelakaan Libur Nataru, Polres Malang Tes Urine Sopir Angkutan Watermark Ketik
Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta ketika mengecek angkutan umum. (Foto : Gumilang/ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Sejumlah sopir angkutan umum dan angkutan barang melakukan tes urine di Terminal Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu, (23/12/2023). Tes urine ini dilakukan Polres Malang untuk mencegah kecelakaan saat libur Nataru.

Tes urine dilakukan Dokkes Polres Malang bersama Satresnarkoba Polres Malang. Selain itu, juga diperiksa kelengkapan surat dan pengecekan kendaraan. Operasi itu dipimpin langsung Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta.

Dalam keterangannya, Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta mengatakan, tujuan dilakukan tes urine yang pertama mengecek kesehatan dari para pengemudi kendaraan bermotor.

"Khususnya pengemudi yang mengendarakan kendaraan angkutan umum dan kendaraan ekspedisi. Mengingat ini sudah memasuki libur nasional sehingga banyak sekali masyarakat yang melakukan perjalanan antar kabupaten maupun antar provinsi," ujar AKP Adis Dani Garta.

Lebih lanjut ia mengatakan, jalur Kabupaten Malang ini memang dilintasi kendaraan yang menuju Blitar, Lumajang, atau masuk daerah Malang Raya. Sehingga perlu dilakukan pengecekan tersebut.

“Selain tes urine, kami juga mengecek kelayakan kendaraan untuk antisipasi bila mana terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak. Seperti untuk dalam rangka libur nasional ini banyak sekali volume kendaraan yang meningkat, tidak menutup kemungkinan untuk kecelakaan lalulintas pun juga meningkat," bebernya gamblang.

Adis melanjutkan, untuk kelayakan kendaraan, bila ditemukan dari mulai ban kendaraan luput pengecekan, para pengemudi diimbau untuk melakukan pembaharuan pada ban tersebut.

"Juga bagi para kendaraan yang bermuatan lebih, untuk mengurangi beban muatan tersebut. Karena kerap sekali kendaraan yang memiliki volume berlebih ini, menjadi permasalahan yang dapat menimbulkan kemacetan, misalkan as patah di tengah jalan hingga kecelakaan,” tuturnya.

Menurutnya, Satlantas Polres Malang siap mengamankan libur Nataru untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan. Ia mengimbau kepada pengendara agar mentaati aturan supaya mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Polres Malang Kabupaten Malang libur Nataru Satlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta