Menengok Persiapan Imlek di Kelenteng Kwan Im Tong Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

7 Februari 2024 14:02 7 Feb 2024 14:02

Thumbnail Menengok Persiapan Imlek di Kelenteng Kwan Im Tong Kota Batu Watermark Ketik
Altar Kelenteng Kwan Im Tong di Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Kelenteng Kwan Im Tong di Kota Batu telah siap menyambut tahun baru Imlek 2.575 yang jatuh pada hari Sabtu (10/2/2024) mendatang. Pembersihan altar dan patung-patung Dewa telah dilaksanakan oleh warga Tionghoa yang ada di Kota Batu. 

Pengurus Kelenteng Kwan Im Tong Kota Batu, Handy Wijaya mengatakan, pada saat Imlek nanti warga Tionghoa akan bersembahyang kepada leluhur mereka. 

Dikatakannya, Imlek sebenarnya bukan hari besar keagamaan. Jadi, orang Tionghoa yang beragama apapun dipersilakan merayakan Imlek. Perayaannya juga tidak harus di Kelenteng, bisa di rumah masing-masing. 

"Cuma sebagai umat yang berkeyakinan, tahun baru kalau tidak sembahyang rasanya kurang mantap. Jadi Imlek bukan hari besar kelenteng atau keagamaan," katanya, Rabu (7/2/2024).

Menurutnya, perayaan Imlek itu untuk menyambut datangnya musim semi di Tiongkok atau musim tanam. Budaya ini, kata dia, sudah ada 4.000 tahun lalu. Sedangkan Imlek 2.575 Tahun Naga Kayu itu mengikuti tahun kelahiran Konghucu.

Sementara kelenteng, lanjutnya, didirikan murni dari tradisi budaya orang Tionghoa untuk menyembahyangi para leluhur yang sudah dianggap mencapai tingkat pencerahan atau Dewa.

"Berdirinya sebuah klenteng itu kan bukan didasarkan oleh salah satu ajaran atau aliran agama," jelasnya.

Handy mengatakan, saat ini ada 50 umat yang aktif bersembahyang di Kelenteng Kwan Im Tong. Namun, kelenteng yang berada di jalan Gajah Mada Kota Batu itu sering dikunjungi wisatawan untuk bersembahyang.

Menurut Handy, biasanya tak kurang dari 100 wisatawan bersembahyang pada hari Imlek atau hari libur. 

"Untuk sembahyang perayaan Imlek juga ada yang dari luar kota. Bisa sampai 100-an yang mengunjungi kelenteng. Tapi tidak bersamaan mereka datang dan keluar masuknya lah," urainya.

Handy berharap, melalui Imlek tahun ini, Indonesia semakin makmur dan sejahtera. Ia juga berharap kedamaian di Indonesia selalu terjaga, terlebih menjelang pemungutan suara pemilu 2024.

"Harapannya tidak muluk-muluk yang penting kita sebagai masyarakat bisa menjalani kehidupan dengan kondusif," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu imlek Kelenteng Kwan Im Tong
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1