5.143 Masyarakat Nikmati Mudik Gratis Polda Jatim Menuju Jakarta

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

28 April 2023 07:07 28 Apr 2023 07:07

Thumbnail 5.143 Masyarakat Nikmati Mudik Gratis Polda Jatim Menuju Jakarta Watermark Ketik
Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Muhammad Taslim memberi arahab para supir di Mudik Gratis Polri Presisi 2023 Polda Jawa Timur (28/4/2023). (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Sejumlah 5.143 pemudik diberangkatkan langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto. Pemudik menaiki 18 bus, setiap bus terisi kurang lebih 50 penumpang dengan tujuan Jakarta.

Ini merupakan program Mudik Gratis Polri Presisi 2023 Polda Jawa Timur. Acara berlangsung pada Jumat (28/4/2023).

Tak hanya 18 bus, total ada 127 bus yang disediakan khusus untuk arus balik mudik mulai tanggal 25 April hingga 30 April mendatang.

Kapolda Jatim menyampaikan selamat jalan dan lancar sampai tujuan. Dia juga meminta pemudik untuk jangan lupa berdoa selama dalam perjalanan, agar segala sesuatunya bisa aman sesuai yang diharapkan.

"Saat ini sudah ada 112 bus yang diberangkatkan dan bertahap sampai beberapa hari ke depan masih tersisa 15 bus. Total sudah ada 5.143 orang yang diangkut hingga saat ini," jelas Toni.

“Keberangkatan dilakukan secara bertahap sampai H+6 arus balik nanti,” tambah perwira tinggi tersebut.

Polisi berpangkat jenderal bintang dua itu juga menuturkan situasi arus balik di Jatim sampai saat j ini relatif landai di sejumlah ruas lalu lintas.

Padahal, dalam arus mudik kemarin, Toni mengatakan ada kepadatan lalu lintas di simpang empat Mengkreng, Kediri. Sebab kawasan itu merupakan pertemuan empat jalur kendaraan serta dua perlintasan kereta api.

“Satu hari di daerah Mengkreng ada 34 kali kereta api lewat, pasti ada kepadatan. Tapi tahun ini InsyaAllah seperti di Batu-Malang tidak sampai ada kepadatan yang berkepanjangan dengan sistem one way yang kita pakai,” tutur Toni.

Diungkapkan juga oleh Kombes Pol Muhammad Taslim selaku Dirlantas Polda Jatim bahwa dia telah memberi briefing kepada seluruh sopir bus supaya mengutamakan keselamatan penumpang.

“Keselamatan penumpang harus diutamakan seperti kalian menjaga keluarga sendiri,” kata Taslim. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polda Jawa Timur Kapolda Jatim Toni Harmanto 5. 143 pemudik Dirlantas Mudik gratis