6 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Hits, Cocok untuk Segala Usia

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Marno

27 Mei 2023 19:35 27 Mei 2023 19:35

Thumbnail 6 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Hits, Cocok untuk Segala Usia Watermark Ketik
Cokelat Tempe Oleh oleh khas Ngawi yang sedang hits. (foto: Instagram @awicho_bync)

KETIK, NGAWI – Berkunjung ke Ngawi tak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk orang-orang tersayang di rumah.

Sebab, di Ngawi banyak kuliner dan makanan khas yang bisa dijadikan buah tangan untuk teman maupun  orang tersayang.

Oleh-oleh khas Ngawi menawarkan beragam pilihan kepada pengunjung, tak hanya didominasi rasa manis, namun cita rasa gurih juga tersedia.

Oleh-oleh Khas Ngawi kini telah banyak bertransformasi menjadi kuliner andalan dan hits hingga disukai banyak orang. Tak hanya packagingnya, namun cita rasa yang dihadirkan juga mengalami modifikasi tanpa meninggalkan pakem aslinya.

Apa saja oleh-oleh khas Ngawi yang cocok dijadikan buah tangan usai berkunjung ke Bumi Orek-orek ini? Berikut rekomendasinya.  

1.Cokelat Tempe

Cokelat Tempe menjadi salah satu oleh-oleh khas Ngawi yang sedang hits hingga sayang untuk dilewatkan. Perpaduan manisnya cokelat dan gurihnya tempe membuat cita rasa oleh oleh yang satu ini terasa unik, dan bikin nagih.

Secara umum Cokelat Tempe layaknya  panganan cokelat lainnya yang banyak dijumpai di toko ritel maupun supermarket lainnya. Yang membedakan jika mayoritas menggunakan kacang, mede mapun almond sebagai topingnya,  namun cokelat khas Ngawi ini menggunakan toping tempe.

Inovasi cokelat tempe ini merupakan hasil karya dari Warga Danguk Karangjati, untuk pemasaran oleh-oleh ini sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Rasanya yang unik menjadikan jajanan ini sangat disukai segala usia dan semua kalangan masyarakat.  

Ada beragam pilihan rasa yang ditawarkan. Diantaranya choco milk, tiramisu, white choco dan stawberry.

 

2.Ratu Menyok

Ratu menyok merupakan kekinian yang musti coba saat berkunjung ke Ngawi. Makanan yang mirip dengan bolu ini terbuat dari bahan dasar singkong dapat menjadi jenis kue cheese cake berpadu dengan lumeran coklat. Perpaduan rasa yang sempurna antara gurih dan manisnya cokelat hingga bikin nagih.

Ratu menyok kini menjadi jajanan khas Ngawi yang sedang hits  karena rasanya yang unik dan lezat. Untuk menikmati kue Ratu Menyok harganya sekitar Rp 40.000-an. Jajanan ini cocok untuk oleh-oleh orang tersayang di rumah saat berkunjung ke Ngawi.

 

3.Keripik Tempe

Keripik tempe merupakan makanan khas Ngawi yang legend. Bahkan di Ngawi terdapat desa sentra pembuatan keripik tempe yang produksinya dikirim ke berbagai kota besar di Indonesia. Keripik tempe khas Ngawi dibuat dengan ukurang yang tipis dengan cita rasa gurih dan crunchy. Camilan ini tak hanya berbentuk persegi namun kini juga mulai diproduksi dengan bentuk bulat.

Keripik tempe khas Ngawi memiliki beragam varian rasa, tak hanya yang rasa original. Camilan ini cocok dikonsumsi saat santai, nonton film hingga dijadikan pendamping lauk makan. Oleh-oleh khas Ngawi ini dapat dengan mudah dijumpai di bumi Orek-orek atau dibeli di marketplace.

4.Dodol Jambu Merah

Dodol Jambu Merah merupakan kuliner khas Ngrambe-Ngawi. Kuliner ini lahir dari kreasi Eva Agustiyana. Yang sukses menyulap saripati jambu merah menjadi dodol yang legit dan lesat.

Foto Dodol Jambu Merah khas Ngrambe Ngawi. (Foto: Instagram Dodol Nona Eva)Dodol Jambu Merah khas Ngrambe Ngawi. (Foto: Instagram Dodol Nona Eva)

Kemasannya yang unik dan transparan membuat dodol jambu ini menarik untuk segera dicicipi. Dodol Jambu mudah di dapatkan di Ngawi, selain di toko oleh-oleh, panganan khas ini juga dijual secara daring melalui media instagram.

5.Gethuk Anyar

Gethuk Anyar merupakan  oleh-oleh Khas Ngrambe-Ngawi. Gethuk yang merupakan makanan jadul ditangan Heri Susanti Gethuk naik kelas karena dikemas menjadi makanan kekinian dengan modifikasi cita rasa yang lebih gurih, manis dan lembut tanpa meninggalkan pakem aslinya.

Tak heran jika Gethuk Anyar juga dikenal masyarakat secara luas dengan istilah Gethuk kekinian.

Karena Gethuk Anyar menawarkan berbagai varian yang kekinian seperti gethuk krispi hingga gethuk frozen.

Packaging yang unik nan menarik membuat Gethuk Anyar sukses masuk ke toko oleh-oleh dan laris manis di marketplace. Satu kotak Gethuk Anyar dijual dengan harga Rp 8  ribu hingga Rp 15 ribu tergantung jenisnya.

6.Intip Ketan

Intip ketan merupakan salah satu makanan khas Ngawi yang legend. Sebab, intip ketan khas Ngawi memiliki cita rasa yang manis, gurih serta ketan yang lembut. Hal itu tidak heran karena sajian ketan intip terbuat dari beras ketan yang ditumbuk  haingga halus, dan dicetak persegi.

Nah, ketan inilah yang dipotong-potong kotak, kemudian dipanggang hingga permukaannya berkerak.

Ketan intip yang sudah dibakar, selanjutnya diberi taburan kelapa parut yang gurih dan segar. Serta ditaburi kedelai bubuk, gula merah, dilapisi dengan ketan bakar kembali. Intip ketan cocok dinikmati bareng teh hangat atau kopi sambil menikmati senja di sore hari.

Untuk menikmati sajian kuliner khas ini, banyak penjual ketan intip ketan yang bisa dijumpai di kawasan Alun-alun Merdeka Ngawi yang menjajakan jualannya mulai pukul 16.00 – 22.00. (*)

Tombol Google News

Tags:

Oleh oleh Khas Ngawi Kuliner khas Ngawi Makanan Khas Ngawi Dodol Jambu Merah Gethuk Anyar Keripik Tempe Cokelat Tempe Ngawi Hari Ini Ngawi Ramah