6 Tips Rahasia Membuat Resolusi Tahun Baru Anti Gagal

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

31 Desember 2023 01:21 31 Des 2023 01:21

Thumbnail 6 Tips Rahasia Membuat Resolusi Tahun Baru Anti Gagal Watermark Ketik
Illustrasi resolusi tahun baru 2024 (Foto: pexels.com)

KETIK, SURABAYA – Setiap menjelang pergantian tahun, sebagian orang mulai merencanakan tujuan hidupnya dengan membuat resolusi.

Resolusi ini seperti janji yang sengaja dibuat seseorang agar menjadi pribadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Bisa berupa karier, pola hidup, cita-cita, pengembangan diri, atau yang lain.

Tapi masalahnya, tak jarang saat membuat resolusi seseorang mengalami kesulitan untuk mewujudkannya karena berbagai faktor. Supaya tidak mengulang hal yang sama di tahun 2024, berikut tips anti gagal yang bisa kamu lakukan.

1. Tanamkan Keyakinan dalam Diri

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah yakin. Keyakinan adalah modal awal yang penting dimiliki seseorang agar hidupnya bisa berubah ke arah lebih baik.

Berdasarkan penelitian Norcross, dkk seperti dilansir laman ugm.ac.id, yang memengaruhi keberhasilan resolusi tahun baru ada 3, yakni keyakinan kuat untuk bisa mencapai keberhasilan, keterampilan melakukan perubahan, dan kesiapan untuk berubah.

Jadi yakinkan dirimu bahwa bisa mencapai apa yang diinginkan.

2. Bersyukur

Memulai resolusi dengan bersyukur membuat kamu lebih bisa mengapresiasi setiap kebaikan yang datang. Dengan begitu hidupmu bisa lebih tenang dan siap menghadapi apapun yang terjadi di tahun depan.

3.  Rencana Sedikit Lebih Baik

Tidak apa-apa jika rencana yang kamu buat sedikit, justru itu lebih baik. Rencana sedikit bisa membuatmu fokus dibanding rencana banyak tapi berujung merepotkan.

Cobalah membuat 5-7 resolusi yang ingin kamu capai di tahun 2024. Pastikan rencana tersebut sanggup kamu lakukan dan realistis.

4.  Buatlah Rencana Jelas dan Spesifik

Kesalahan yang sering dilakukan saat membuat resolusi adalah tidak spesifik dan realistis.

Contohnya jika tahun depan kamu ingin mendapatkan pekerjaan, maka tulislah secara spesifik pekerjaan apa yang diinginkan dan di perusahaan apa kamu ingin bekerja.

Begitu juga jika kamu ingin berat badan turun. Tulis saja target berat badan yang kamu ingin capai. Cara ini lebih memudahkanmu dalam mewujudkan resolusi tahun depan.

5.  Letakkan Rencana pada Tempat yang Mudah Dijangkau

Setelah membuat perencanaan jelas, spesifik, dan realistis, coba letakkan rencana tersebut pada tempat yang mudah dijangkau. Misalnya meja belajar, kaca kamar, atau tempat yang lain.

Tujuannya agar kamu selalu ingat akan rencana yang sudah dbuat. Selain itu, cara ini bisa membuatmu semangat untuk mewujudkannya.

6.  Hadapi Persoalan yang Datang dan Jangan Menyalahkan Diri

Terakhir, apabila di tengah jalan banyak masalah datang, jangan pernah lari dari masalah. Hadapi masalah itu dan cari solusinya.

Pasalnya, menurut penelitian orang yang berani menghadapi masalah cenderung lebih berhasil dibanding mereka yang memilih lari dari masalah.

 Selain itu, jangan menyalahkan diri atas apa yang terjadi tetapi fokuslah untuk belajar dan bertumbuh melalui masalah-masalah yang datang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Resolusi tahun baru Tahun baru 2024 Tips membuat resolusi