Atlet Adik-Kakak Asal Lumajang Raih Emas SEA Games, Khofifah: Bukti Jatim Gudangnya Atlet Berprestasi

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

8 Mei 2023 03:54 8 Mei 2023 03:54

Thumbnail Atlet Adik-Kakak Asal Lumajang Raih Emas SEA Games, Khofifah: Bukti Jatim Gudangnya Atlet Berprestasi Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Kesuksesan atlet balap sepeda kakak-adik asal Lumajang, Jawa Timur Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono meraih medali emas SEA Games pada nomor Cross Country Relay (XCR) membanggakan Jatim.

Medali itu mereka raih usai bertarung di sirkuit sepanjang 3,7 kilometer di Phnom Kulen, Siem Reap, Kamboja, Minggu (07/5/2023).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa kagum dan bangga atas prestasi keduanya. Menurut Khofifah raihan itu membuat harum nama Indonesia di mata dunia, serta menjadi kebanggaan Jatim dan daerah kelahiran keduanya yakni Kabupaten Lumajang.

"Alhamdulillah, satu lagi prestasi berhasil dicetak putra terbaik Jatim untuk Indonesia. Inilah bukti bahwa Jatim itu gudangnya atlet berprestasi. Saya atas nama pribadi dan mewakili seluruh warga Jatim bangga atas prestasi tersebut," ucap Gubernur Khofifah di sela kesibukannya menggelar Misi Dagang dan Investasi Jatim - Lampung di Bandar Lampung, Senin (08/5/2023).

"Semoga raihan ini, menambah semangat atlet-atlet Indonesia lainnya, khususnya Jawa Timur untuk berusaha semaksimal mungkin menyabet emas sebanyak-banyaknya," tambah Khofifah.

Dengan keberhasilan Zaenal dan Feri ini, cabor balap sepeda berhasil menyumbang total 3 emas untuk kontingen Indonesia. Sebelumnya, Feri dan Sayu Bella telah sukses mengawinkan emas di nomor Cross-Country Olympics (XCO) sektor putra dan putri. Sedangkan Zaenal Fanani juga merebut perak di nomor tersebut.

Hari ini, Senin (8/5/2024), balap sepeda lanjut menggelar lomba untuk nomor Cross Country Eliminator (XCE) di Phnom Kulen, Siem Reap. Rencananya Zaenal Fanani dan satu atlet lain yang juga asal Lumajang yakni Ihza Muhammad akan turun menjadi andalan Indonesia lagi di nomor tersebut.

Sebagai informasi tim balap sepeda Indonesia mengirimkan 16 atlet ke SEA Games 2023. Mereka ditarget mendapatkan empat medali emas. Saat ini tiga emas telah berhasil dikantongi. Tinggal 1 emas lagi untuk mencapai target. 

"Tinggal 1 emas lagi untuk mencapai target. Tapi jangan cepat berpuas diri. Teruslah berjuang dengan sungguh-sungguh, raihlah sebanyak-banyaknya emas untuk Indonesia," pungkas Gubernur Khofifah.(*)

Tombol Google News

Tags:

SEA Games jatim Khofifah Lumajang Balap Sepeda Kamboja