Baru Berusia 10 Tahun, Unusa Resmi Jadi PTS Peroleh Akreditasi Unggul

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

23 November 2023 13:12 23 Nov 2023 13:12

Thumbnail Baru Berusia 10 Tahun, Unusa Resmi Jadi PTS Peroleh Akreditasi Unggul Watermark Ketik
Tasyakuran Unusa memperoleh akreditasi unggul, Kamis (23/11/2023). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Baru berjalan 10 tahun, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) meraih akreditasi unggul dengan sistem borang 9 kriteria yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sistem ini baru diterapkan di Indonesia sejak 3 tahun lalu sehingga banyak Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta yang belum lolos sistem borang 9 kriteria.

"Akreditasi unggul yang dicapai Unusa merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademika, dan stakeholders lain, seperti para alumni, pengguna alumni, perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga lain yang telah bekerjasama dengan Unusa, dan tentu saja kepada ketua dan pengurus YARSIS, serta para kiai dan warga masyarakat yang mendoakan kami," ungkap Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, Kamis (23/11/2023).

Meskipun telah terakreditasi Unggul, Prof Jazidie memiliki target untuk menjadi salah perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia dan di ASEAN di masa mendatang. Dengan banyak tantangan yang dihadapi dan yang harus diperbaiki serta dikerjakan untuk masa depan yang lebih baik, terutama sekali ketika Unusa harus bersaing di level global.

"Dalam persaingan global yang semakin menantang, akreditasi unggul merupakan pembuka pintu bagi Unusa untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat Indonesia dan dunia," ucap Jazide.

"Lebih dari sekadar mencetak lulusan, Unusa bertekad untuk menjadi pusat pengembangan Ipteks sekaligus pusat pembelajaran yang mampu menghasilkan sumber daya manusia profesional dan pemimpin masa depan dan berkontribusi pada perkembangan sosial dan ekonomi, serta membawa rahmat  di level global," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan, Ph.D., menyatakan Akreditasi unggul ini merupakan wujud dari kerja keras dan dedikasi bersama yang tidak kenal lelah. Melalui prestasi dosen, kreativitas mahasiswa, dan peran penting tenaga kependidikan, Unusa terus berkembang menjadi pusat pendidikan yang bermutu di Indonesia. Unggul bukan hanya akreditasi yang menjadi momen yang membanggakan, tetapi juga momentum untuk melompat ke depan dengan  ke arah yang lebih baik lagi.

"Berbagai prestasi dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan Unusa  telah menjadi poin penting dalam proses akreditasi ini. Dari karya penilaian, publikasi hingga partisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, kontribusi seluruh sivitas akademika telah menjadi bagian penting dari penilaian unggul," ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa prestasi yang dicapai oleh dosen dan khususnya mahasiswa bukan hanya di bidang akademis, tetapi juga non-akademik. Selama ini, selain di bidang akademik, Unusa memang mendorong para mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berprestasi di luar akademik, seperti di bidang kewirausahaan, seni, olah raga, kepemimpinan, dan bidang-bidang lainnya. Bidang-bidang itu diyakini sangat bermanfaat ketika mahasiswa lulus dan menjadi bagian dari masyarakat.

"Dalam upaya mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral dan kemampuan beradaptasi, Unusa terus menegaskan pentingnya pengembangan holistik. Akreditasi unggul menjadi bukti bahwa Unusa mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang pertumbuhan berbagai aspek potensi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non akademik" ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Unusa Akreditasi Unusa Unggul NU NAHDLATUL ULAMA Surabaya