Bawaslu Gandeng Polres Halsel Gelar Sosialisasi dan Deklarasi Pilkada Damai

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Mustopa

13 Oktober 2024 18:20 13 Okt 2024 18:20

Thumbnail Bawaslu Gandeng Polres Halsel Gelar Sosialisasi dan Deklarasi Pilkada Damai Watermark Ketik
Deklarasi dan Sosialisasi Pilkada Damai di Halsel (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Selatan menggelar sosialisasi dan deklarasi Pilkada damai di Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah (GSJA) Kasih Karunia Sayoang, Desa Sayoang, Kecamatan Bacan Timur, Minggu 13 Oktober 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Halmahera Selatan AKBP Hendra Gunawan, Kepala Kejaksaan Negeri Halsel Ahmad Patoni, Pasi Ter Kodim 1509/Labuha Lettu Inf. Bambang Swarjana, dan Koordinator Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Sumitro Muhammadia.

Ketua Bawaslu Halmahera Selatan, Rais Kahar dalam sambutannya menekankan pentingnya komitmen bersama dalam menciptakan Pilkada yang damai dan bebas konflik di wilayah Halsel.

Ia menegaskan, deklarasi ini bukan sekadar seremoni, melainkan komitmen konkret semua pihak yang terlibat dalam Pilkada 2024.

“Kehadiran Bawaslu dalam deklarasi pemilu damai ini bertujuan memastikan komitmen seluruh pihak yang menandatangani deklarasi untuk mencegah potensi konflik,” ungkapnya.

“Halmahera Selatan saat ini telah bebas dari konflik, dan Bawaslu berkoordinasi dengan TNI-Polri serta LSM guna menjaga Pilkada 2024 tetap aman dan damai,” sambung Rais.

Rais mengingatkan kepada seluruh peserta pemilu mematuhi aturan terkait lokasi kampanye.

“Saya sampaikan kepada bapak-ibu sekalian, baik jemaat gereja maupun masyarakat Desa Sayoang, bahwa gedung gereja dan masjid tidak boleh dijadikan tempat kampanye. Tempat ibadah adalah untuk beribadah, bukan untuk kegiatan politik. Pelanggaran akan dikenakan sanksi pidana sesuai aturan pemilu,” tegas Rais.

Rais berharap agar Pilkada 2024 menjadi ajang integrasi bangsa yang memperkuat persaudaraan dan silaturahmi, meski merupakan arena kompetisi politik.

“Semoga kontestasi ini tetap menjaga tali persaudaraan, baik di antara peserta pemilu, penyelenggara, maupun masyarakat Desa Sayoang,” tuturnya.

Sosialisasi ini juga bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh ancaman dari pihak luar. Dengan komitmen bersama, diharapkan Pilkada 2024 dapat berjalan aman, damai, dan tanpa konflik di seluruh wilayah Halmahera Selatan.(*)

Tombol Google News

Tags:

halmahera selatan Bawaslu Pilkada Halsel 2024 Pilkada damai Deklarasi dan Sosialisasi