Bikin Ngiler! Ini 3 Hidangan Lebaran Khas Jawa Barat yang Paling Disukai

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Naufal Ardiansyah

23 April 2023 03:00 23 Apr 2023 03:00

Thumbnail Bikin Ngiler! Ini 3 Hidangan Lebaran Khas Jawa Barat yang Paling Disukai Watermark Ketik
Hidangan khas Jawa Barat saat Lebaran Idul Fitri. (Foto: pexelsphoto)

KETIK, BANDUNG – Indonesia yang terdiri dari banyak sekali daerah tentunya memiliki makanan khas Lebaran masing-masing, termasuk makanan lebaran khas Jawa Barat.

Beragam olahan makanan Lebaran Jawa Barat sebenarnya sudah bisa Anda temukan di hampir seluruh wilayah Indonesia, karena beberapa jenis makanan ini memang cukup populer.

Namun, menikmati olahan makanan tradisional di momen Lebaran tentunya akan menimbulkan kesan tersendiri. Selain itu, keunikan rasanya membuat makanan khas Jawa Barat susah dilupakan.

Makanan Lebaran Khas Jawa Barat

Inilah 3 jenis makanan lebaran khas Jawa Barat yang memiliki perpaduan rasa, bahan, dan tampilan unik namun sangat lezat.

1. Karedok

Foto Karedok, makanan khas Jawa Barat. (Foto: pexelsphoto)Karedok, makanan khas Jawa Barat. (Foto: pexelsphoto)

Karedok adalah makanan khas Jawa Barat yang dibuat dari sayur-sayuran mentah seperti kacang panjang, daun kol, tauge, kacang tanah, ketimun, dan daun kemangi.

Karedok ditambahkan sambal kacang yang terdiri dari bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi. Supaya lebih kenyang biasanya menyantap karedok dengan tambahan lontong dan kerupuk.

Satu hal yang menjadi ciri khas dari karedok ini adalah bahannya yang menggunakan oncong bakar dan jika tidak menggunakan oncong bakar maka disebut dengan lotek mentah.

2. Nasi Tutug Oncom

Foto Nasi tutug oncom. (Foto: pexelsphoto)Nasi tutug oncom. (Foto: pexelsphoto)

Kata 'tutug' dalam bahasa Indonesia artinya tumbuk atau aduk. Sedangkan oncom adalah sebuah produk fermentasi olahan tempe.

Nasi tutug oncom bersisi lalapan tahu, tempe, ayam goreng, telur dadar, ikan asin, sambal merah atau sambal goang (dibuat dari cabai rawit hijau dan bumbu penyedap), dan lalapan. Oncom tersebut kemudian digeprek dengan bumbu kencur dan cabai rawit.

Karena oncom tidak bisa tahan lama, maka sebaiknya nasi tutug oncom ini harus disajikan dalam keadaan hangat. Rasanya yang enak dan gurih, membuat nasi tutug oncom digemari semua kalangan.

3. Nasi Timbel

Foto Nasi timbel. (Foto: pexelsphoto)Nasi timbel. (Foto: pexelsphoto)

Nasi timbel menggunakan bungkusan daun pisang dan disajikan bersama lauk. Lauk nasi timbel bisa ikan, ayam goreng, sampai daging. Tidak lupa lalapan dan sambal sebagai pelengkap.

Dalam setiap kesempatan, masyarakat Jawa Barat terbukti lebih menyukai makanan dari sayuran segar mentah yang biasa disebut sebagai lalapan. Sayuran ini menjadi teman makan sambal ataupun pelengkap nasi panas.

Lalapan merupakan budaya masyarakat Tanah Pasundan sampai saat ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Makanan. Lebaran Jawa barat. Karedok timbel tutug oncom