Wajib Tahu! Ini 5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

23 April 2023 23:00 23 Apr 2023 23:00

Thumbnail Wajib Tahu! Ini 5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia Watermark Ketik
Ramadan Buffet. (Foto: Dreamstime) 

KETIK, JAKARTA – Sebagian besar masyarakat Jawa memang menyajikan ketupat dan opor sebagai makanan Lebaran. Tapi lain lagi dengan di Aceh, Madura hingga Makassar. 

Kekayaan kuliner Nusantara membuat ragam hidangannya sangat variatif, termasuk ketika menyajikan makanan spesial di hari Lebaran. 

Banyak makanan unik yang disajikan hanya di hari raya Idul Fitri, seperti di lima daerah ini. 

1. Ayam Gagape, Makasar 

Sebagian masyarakat Makassar juga kerap menyajikan ketupat saat Lebaran. Tapi lauk pelengkapnya bukanlah opor ayam melainkan ayam gagape. Hidangan ini termasuk salah satu yang tak pernah absen ketika lebaran tiba. 

Terbuat dari ayam kampung, gagape ini memiliki tekstur yang empuk karena dimasak perlahan dengan bumbu berlimpah. Tambahan santan pada masakan ini membuat rasanya semakin gurih dan mantap. 

2. Bebek Gulai Kurma, Aceh 

Kuliner khas Aceh saat lebaran ini berisi potongan daging bebek dengan paduan bumbu rempah-rempah, santan, daun pandan, daun temurui, serta serai. Makanan ini amat mudah orang temui, terutama saat Idulfitri. Bahkan, hampir semua keluarga menyajikan bebek gulai kurma sebagai menu andalan. 

Kunci kelezatan hidangan ini ada pada rempah-rempahnya. Paduan cengkeh, kayu manis, biji pala, dan kapulaga membuat bebek gulai kurma punya cita rasa lezat dengan aroma amat kuat. 

3. Kella Pate, Madura

Kella pate adalah makanan yang terbuat dari bahan daging ikan, yang dikombinasikan dengan kuah santan yang pekat. Makanan ini memiliki cita rasa yang kaya, karena menggunakan aneka rempah seperti jintan, kencur, terasi hingga belimbing wuluh. 

Kella pate biasanya selalu disajikan setiap momen Lebaran. Ini menjadi sajian yang digemari semua orang, karena sangat gurih dan nikmat. 

4. Lemang, Sumatera

Lemang adalah makanan khas masyarakat Melayu yang sekilas terlihat seperti lontong. Bedanya, lemang dibuat dari beras ketan dan santan serta dimasak dengan menggunakan bambu. Lemang dijadikan pada saat hari Lebaran di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan serta di negara tetangga, Malaysia.

Makanan khas Lebaran di Indonesia satu ini merupakan alternatif pengganti ketupat yang tak kalah lezat disantap bersama opor ayam ataupun rendang. 

5. Soto Banjar, Banjarmasin

Ada soto banjar yang menyegarkan dan jadi andalan untuk menu lebaran. Keunikan dari soto ini adalah adanya rempah-rempah berupa kayu manis, biji pala, dan cengkeh yang membuat soto ini kian lezat. 

Beberapa warga Banjarmasin sengaja menambahkan kuah soto dengan sedikit susu agar kuahnya agak keruh. Meski begitu, soto banjar yang bening pun sudah enak kok. Cocok sekali sebagai hidangan gurih jika sedang bosan pada makanan bersantan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Makanan. Lebaran Kuliner Nusantara ayam gagape bebek gulai kurma kella pate lemang soto banjar