Bukan Hanya Taman Safari Prigen, Ini Deretan Objek Wisata di Pasuruan

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

28 Juli 2023 22:00 28 Jul 2023 22:00

Thumbnail Bukan Hanya Taman Safari Prigen, Ini Deretan Objek Wisata di Pasuruan Watermark Ketik
Pemandian Banyu Biru. (Foto: Pasuruankab)

KETIK, JAKARTA – Kabupaten Pasuruan layak untuk dijadikan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Sebab, tempat ini juga memiliki beragam destinasi yang tak kalah dari Malang atau Surabaya.

Selain Taman Safari Prigen yang sudah populer, Kabupaten Pasuruan juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Bahkan, ada yang bernilai edukasi.

Berikut rekomendasi 5 tempat wisata di Kabupaten Pasuruan yang bisa dikunjungi:

Pemandian Banyu Biru

Salah satu objek wisata yang bisa dicoba di Kabupaten Pasuruan adalah Pemandian Banyu Biru. Destinasi ini berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan atau sekitar 15 kilometer dari pusat kota Pasuruan.

Dilansir dari situs pasuruankab, objek wisata ini semula bernama Telaga Wilis. Belakangan diubah menjadi Banyu Biru karena airnya berwarna biru.

Pemandian Banyu Biru merupakan kolam alami yang konon sudah ada sejak zaman kolonial. Bahkan, objek wisata ini disebut-sebut sebagai pemandian kuno Hayam Wuruk, maharaja keempat Majapahit.

Air Terjun Coban Baung

Kabupaten Pasuruan juga memiliki objek wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi yang dimaksud adalah Air Terjun Coban Baung yang terletak di Desa Cowek Kecamatan Purwodadi.

Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter yang merupakan pertemuan aliran sungai Welang dan sungai Beji. Tempatnya juga cukup strategis karena mudah diakses dari Surabaya maupun Malang.

Di sekitar lokasi juga ada beberapa air terjun kecil yang bisa menjadi tempat rafting dengan pemandangan hutan yang masih asri dan alami.

Danau Ranu Grati

Di Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati terdapat objek wisata berupa danau yang menawarkan pemandangan eksotis. Tempat tersebut bernama Danau Ranu Grati.

Destinasi ini semakin populer setelah pemerintah setempat membangun dermaga yang dihiasi lampu warna-warni. Tak heran, Danau Ranu Grati tetap ramai hingga malam hari.

Para pengunjung juga bisa menikmati permainan air dengan panorama pegunungan Tengge. Menyusuri danau dengan perahu juga bisa dilakukan di objek wisata seluas 107 hektar ini.

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi sebenarnya merupakan tempat konservasi beraneka ragam tanaman. Namun, tempat ini juga dibuka untuk wisatawan.

Pengunjung bisa melihat aneka tanaman di sejumlah taman yang ada di area ini. Termasuk di menara pandang dan rumah kaca yang bisa menjadi salah satu spot untuk selfie.

Pengunjung juga bisa menjelajahi area Kebun Raya Purwodadi dengan menggunakan skuter hingga shuttle bus. Objek wisata ini berada di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen sudah cukup populer dan menjadi salah satu jujukan wisata favorit. Objek wisata ini berada di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen.

Taman Safari Prigen sebenarnya merupakan tempat konservasi satwa. Terdapat 300 spesies di kawasan seluas 350 hektar ini.

Namun, untuk bisa mengunjungi tempat ini, pengunjung harus merogoh kocek cukup dalam. Sebab, harga tiketnya mencapai Rp 135 ribu hingga Rp 150 ribu saat weekend.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata Pasuruan Pemandian Banyu Biru Taman Safari Prigen Danau Ranu Grati