Bung Karna Berhasil Bawa Kabupaten Situbondo Kembali Raih Piala Adipura

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: Muhammad Faizin

6 Maret 2024 06:51 6 Mar 2024 06:51

Thumbnail Bung Karna Berhasil Bawa Kabupaten Situbondo Kembali Raih Piala Adipura Watermark Ketik
Penyerahan penghargaan Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. (Foto: Istimewa)

KETIK, SITUBONDO – Di bawah kepemimpinan Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Situbondo Hj. Nyai Khoirani, kembali Pemerintah Kabupaten Situbondo mendapat penghargaan Piala Adipura. Penghargaan Adipura itu diserahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, kepada Bupati Karna di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Hari Selasa 5 Maret 2024.

Atas diraihnya Piala Adipura itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo Ahmad Yulianto mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Situbondo termasuk para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ikut mendukung dan kompak dalam menjaga kebersihan lingkungan di Kabupaten Situbondo  sehingga tahun ini Kabupaten Situbondo kembali meraih Piala Adipura.

“Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Ibu Wakil Bupati Situbondo Hj Nyai Khoirani, Pemerintah Kabupaten Situbondo kembali meraih penghargaan Piala Adipura. Untuk itu, saya berterima kasih kepada seluruh OPD dan masyarakat yang telah mendukung dan menjaga kebersihan lingkungan di Kota Kecil Situbondo,” ujar Ahmad Yulianto, saat dikonfirmasi, Rabu (6/3/2024).

Penghargaan Adipura ini, sambung Ahmad Yulianto, bukan hanya milik Pemkab Situbondo tapi juga milik seluruh masyarakat Situbondo. “Dengan diraihnya kembali Piala Adipura tahun ini, maka saya berharap semangat kebersamaan dalam menjaga lingkungan yang bersih harus semakin ditingkatkan,” tuturnya.

Ahmad Yulianto juga mengatakan bahwa pihaknya optimis bisa mempertahankan penganugerahan Adipura dengan meningkatkan pelayanan pengelolaan sampah, kebersihan kota dan juga ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH).

"Dengan tetap meningkatkan pengelolaan sampah dan kebersihan kota, maka kita kembali meraih Adipura. Sebelum memperoleh penghargaan Adipura pada penilaian tahun 2023, terlebih dahulu pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melakukan serangkaian peninjauan dan penilaian di Kabupaten Situbondo,” terang Ahmad Yulianto.

Tim KLHK saat di Situbondo, sambung Ahmad Yulianto, melakukan peninjauan kebersihan kawasan perkotaan, ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH), pengelolaan sampah di masyarakat atau bank sampah maupun pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir. “Atas penilaian tersebut, Alhamdulillah Kabupaten Situbondo untuk yang ke enam kalinya meraih penghargaan Adipura,” pungkasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Bung Karna Kabupaten Situbondo Piala Adipura Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Wakil Bupati Situbondo Hj Nyai Khoirani