Bunga Tabebuya di Surabaya Mekar saat Musim Kemarau

Jurnalis: Alifa Zahra
Editor: Muhammad Faizin

26 Juli 2023 12:11 26 Jul 2023 12:11

Thumbnail Bunga Tabebuya di Surabaya Mekar saat Musim Kemarau Watermark Ketik
Bunga tabebuya mekar di sudut Jalan Darmo Permai Surabaya pada Rabu, (26/7/2023). (Foto: Ara for Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Bunga tabebuya di musim kemarau ini mekar menghiasi jalan-jalan di beberapa titik Surabaya. Bunga yang mekar tersebut bisa dilihat para pemakai jalan pada pagi hari.

Pohon tabebuya memiliki warna kuning, pink, putih dan ungu. Pohon ini ditanam ketika Wali Kota Surabaya dijabat oleh Tri Rismaharini (kini Mensos).

Pada tahun ini tanaman tersebut akan ditambah oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Di Surabaya, tabebuya yang ditanam jumlahnya 16 ribu pohon lebih. Pohon tersebut tersebar di beberapa jalan.

Misalnya Jalan protokol A Yani, Jalan Raya Darmo, Jalan Mayjen Sungkono. Sementara jalan-jalan yang akan ditanami tabebuya adalah Jalan Demak, Jalam Kedung Cowek dan Jalan Kalimas.

Myrna Augusta Aditya Dewi, dari KLH Surabaya, Senin (24/07/24) mengatakan, penanaman pohon tabebuya akan terus ditambah. Pohon tersebut ditanam di beberapa jalan dan ditaman akfif.

Sedangkan jumlah titiknya akan disesuaikan dengan proyek pendistrian jalan. Pohon tabebuya saat ini memang sedang memasuki fase mekar. Bunga pohon ini mekar pada tengah musim kemarau bulan Juli hingga Agustus.

Bunga yang mekar biasanya cepat berguguran dan bertahan paling lama sehari. Masyarakat awam banyak yang menganggap tabebuya berasal dari negara Jepang.

Sebab kalau dilihat sepintas, bunganya mirip bunga sakura yang mekar pada saat musim semi. Dan ternyata pohon tabebuya tersebut berasal dari negara Brasil. 

Tabebuya dalam memiliki nama Latin Handroanthus Chrysotrichus. Sementara tabebuya warna kuning biasa disebut pohon trumpet emas.

Tanaman ini mempunyai kelebihan yaitu daunnya tidak mudah rontok, kecuali bunganya. Sementara akar pohon ini tidak merusak rumah. Sehingga sangat cocok untuk   tanaman  halaman.

Bunga tabebuya diyakini bisa diproses sebagai obat herbal. Misalnya untuk obat  melawan penyakit malaria. Bila menggunakan dosis yang tepat bisa memperlkuat sistem imun untuk mencegah infeksi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tabebuya Bunga Tabebuya Surabaya Tabebuya mekar