Dalam 10 Harian, Arak-arak Bondowoso 2 Kali Alami Karhutla

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Marno

3 September 2023 08:00 3 Sep 2023 08:00

Thumbnail Dalam 10 Harian, Arak-arak Bondowoso 2 Kali Alami Karhutla Watermark Ketik
Kobaran api di tengah-tengah Kawasan Arak-arak, Bondowoso. (Humas BPBD for Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Baru sepekan lalu kebakaran hutan dan lahan (karbahula) terjadi di kawasan Arak-arak, kebakaran kembali terjadi di sekitar pemandangan Arak-arak, Kecamatan Wringin. 

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bondowoso, Mahfud Djunaidi, lahan yang terbakar sekitar 1 hektar. "Kejadiannya sekitar pukul 18.55, Jum'at (1/9/2023) malam itu," jelasnya. 

Ia menerangkan, bahwa penyebab kebakaran diduga karena ada titik api yang membakar rerumputan dan dedaunan kering. 

Kondisi angin kencang di sekitar lokasi, juga mempercepat merambatnya api. "Kita juga kesulitan menuju lokasi, karena medan yang sangat terjal," tuturnya. 

Namun demikian, dia memastikan bahwa Karhutla di wilayah tersebut telah padam. Setelah, pihaknya bersama-sama tim memadamkan api selama sekitar tiga jam. "Alhamdulillah, padam sekitar jan 22.00 WIB," jelasnya. 

Ia mengimbau kepada masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan di tengah musim kemarau. Utamanya, agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, tak membiarkan pembakaran sampah hingga api padam. "Kita jaga dan cegah bersama Karhutla ini," pungkasnya. 

Untuk informasi, kawasan Arak-arak pada 23 Agustus 2023 lalu juga dilalap si jago merah. Karhutla tersebut terjadi wilayah Arak-arak, tdi Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin.(*)

Tombol Google News

Tags:

#Karhutal Bondowoso #Arak-arak #BPBDBondowoso