Dicoret karena Rumus Kuota Perempuan, Bacaleg PKB: Mengapa Harus Saya?

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

27 Juli 2023 07:01 27 Jul 2023 07:01

Thumbnail Dicoret karena Rumus Kuota Perempuan, Bacaleg PKB: Mengapa Harus Saya? Watermark Ketik
Pimpinan DPC PKB bersama pengurus dan para bacaleg partai tersebut saat mendaftarkan nama-nama bacaleg ke kantor KPU Sidoarjo pada Sabtu (13/5/2023). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Pencoretan nama bacaleg PKB Choirul Anam memunculkan ketidakpuasan. Cak Anam (sapaannya) menyatakan dirinya telah lama berdedikasi kepada DPC PKB Sidoarjo. Mengapa namanya dihapus begitu saja. Di sisi lain, DPC PKB Sidoarjo punya alasan tersendiri untuk mencopot nama Choirul Anam dari daftar bacaleg.

 Cak Anam memastikan berkas-berkasnya saat pendaftaran sudah lengkap. Syarat administrasi sebagai bacaleg terpenuhi. Karena itu, dia bertanya-tanya saat namanya dicoret tanpa penjelasan.

Selain itu, lanjut mantan legislator DPRD Sidoarjo itu, dirinya sudah lama berjuang dan berkontribusi bagi PKB Sidoarjo. Ikut membesarkan PKB. Dia pernah menjadi ketua PAC PKB Tangggulangin pada 1998-2010. Itu pengabdian yang tidak sebentar, 12 tahun. Bahkan, sampai sekarang masih menjadi pengurus DPC PKB Sidoarjo.

”Sedangkan, ada bacaleg yang belum pernah sama sekali mengabdi di PKB maupun NU. Mengapa diakomodasi,” ungkapnya kepada Ketik.co.id.

Cak Anam juga memastikan telah mengikuti instruksi Ketua DPC PKB Sidoarjo Subandi. Apa itu? Semua bacaleg diminta langsung gas pol untuk memenangkan partai berlambang bola dunia dikelilingi sembilan bintang tersebut. Dia telah mengerahkan, daya, upaya, dan biaya untuk mencari dukungan sebanyak-banyaknya. Biayanya tidak sedikit untuk itu.”Saya minta nama saya dikembalikan lagi sebagai caleg,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Sidoarjo Abdillah Nasih menjelaskan, penghapusan nama Choirul Anam dari daftar bacaleg terkait dengan kuota 30 persen perempuan dan rumus pencalegan perempuan.

Daerah pemilihan (dapil) 2 meliputi Kecamatan Candi, Tanggulangin, Porong, dan Jabon. Di dapil tersebut, terdaftar sembilan bacaleg dari PKB. Dua nama teratas, 1 dan 2, telah diisi dua caleg perempuan. Ainun Jariyah dan Mahfudah.

Aturannya, tambah Nasih, tidak cuma 30 persen kuota perempuan. Namun, ada rumus penyusunan bacaleg. Karena nomor 1 dan 2 telah diisi bacaleg perempuan, di antara posisi 4, 5, dan 6 harus ada bacaleg perempuan lagi. Begitu pula,  posisi 7, 8, dan 9, harus ada perempuan lagi.

Untuk mengisinya, DPC PKB harus mengurangi satu bacaleg laki-laki di sana. Nama Choirul Anam yang dihapus. Jadi, jumlah bacaleg perempuan di dapil 2 sekarang ada 4 orang.  

Foto Choirul Anam (kanan) bersama-sama mengikuti pendaftaran bacaleg Pemilu Legislatif 2024 dengan pimpinan DPC PKB Sidoarjo ke KPU Sidoarjo. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Choirul Anam (kanan) bersama-sama mengikuti pendaftaran bacaleg Pemilu Legislatif 2024 dengan pimpinan DPC PKB Sidoarjo ke KPU Sidoarjo. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Bisakah nama Cak Anam kembali lagi ke daftar caleg setelah pengumuman daftar caleg sementara (DCS)? Nasih menyatakan masih bisa. Sebab, kewenangan soal pencalegan ini tidak serta-merta ada di tangan DPC PKB, tapi lebih di DPW PKB dan DPP PKB.”Masih ada kesempatan karena masih DCS,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, bacaleg PKB di dapil 2 Choirul Anam memprotes penghapusan namanya dari daftar bacaleg yang dikirim ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo. Namanya lenyap dari urutan ke-6 di antara 9 bacaleg dapil tersebut.

Cak Anam mengatakan dirinya tahu kabar pencoretan itu sekitar 1 bulan lalu. Tapi, hingga Rabu malam (26/7/2023), belum ada surat atau pemberitahuan apa pun secara resmi dari partainya, DPC PKB Sidoarjo.”Sampai hari ini saya belum dapat surat resmi dari DPC,” ujar Cak Anam, sapaan akrabnya.

Semula beredar kabar bahwa Choirul Anamlah yang mundur dari pencalegan. Alasannya belum diketahui pasti. Namun, lelaki yang juga mantan anggota DPRD Sidoarjo itu membantah dirinya mundur atas kemauan sendiri. Yang benar, DPC PKB mencoretnya dari daftar bacaleg. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Sidoarjo PKB Sidoarjo DPRD Sidoarjo Pileg 2023 Bacaleg Pemilu 2024 Daftar Pemilih Sementara Pileg2024 pemilu2024