DPRD Sidoarjo Umumkan Susunan Pimpinan Dewan Baru dan Fraksi-Fraksinya, kecuali

Editor: Fathur Roziq

12 September 2024 06:02 12 Sep 2024 06:02

Thumbnail DPRD Sidoarjo Umumkan Susunan Pimpinan Dewan Baru dan Fraksi-Fraksinya, kecuali Watermark Ketik
Dari kanan, H Kayan, Abdillah Nasih, Suyarno, Emir Firdaus, dan Dhamroni Chudlori, terlihat mengobrol santai setelah rapat paripurna disaksikan oleh Sekretaris DPRD Sidoarjo Hari Sucahyono (belakang). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Suasana baru mewarnai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo. Dalam rapat paripurna dewan Rabu (11/9/2024), diumumkan nama-nama pimpinan baru DPRD Sidoarjo. Hampir semua wajah baru. H Kayan yang tetap bertahan menjabat wakil ketua.

Pimpinan baru DPRD Sidoarjo itu adalah legislator PKB Abdillah Nasih (ketua DPRD), legislator Partai Gerindra H Kayan (wakil ketua), dan legislator Partai Golkar Warih Andono (wakil ketua). Ketiganya telah resmi ditugasi partai masing-masing untuk memimpin para wakil rakyat di Parlemen Sidoarjo.

Seorang calon wakil ketua lagi dari PDIP belum diumumkan secara resmi. Namun, santer beredar kabar calon kuat adalah Suyarno. Mantan ketua Fraksi PDIP sekaligus bendahara DPC PDIP Sidoarjo. Posisi Suyarno di Fraksi PDIP telah digantikan oleh Sudjalil.

Susunan pimpinan baru DPRD Sidoarjo itu dibacakan oleh Sekretaris DPRD Sidoarjo Hari Sucahyono dalam rapat paripurna. Abdillah Nasih, sebagai ketua sementara, memimpin rapat tersebut. Didampingi Suyarno sebagai wakil ketua sementara.

Paripurna pengumuman dan penetapan pimpinan dewan dihadiri oleh 40 dari 50 anggota DPRD terpilih hasil Pemilu Legislatif 2024. Mereka bakal menjabat untuk periode 2024-2029. Komposisi DPRD Sidoarjo beranggota 31 petahana dan 19 legislator baru.

Selama rapat paripurna DPRD, suasana terasa khidmat. Tenang. Tertib. Tidak ada interupsi. Semua anggota DPRD Sidoarjo duduk di kursi masing-masing. Termasuk, para legislator muda milenial yang dimiliki Parlemen Kota Delta periode ini. Rapat diakhiri dengan menyanyikan bersama lagu Padamu Negeri. Hening. Khidmat.

Nah, suasana berubah menjadi hangat saat selesai paripurna. Abdillah Nasih terdengar membacakan pantun bernuansa pilkada. Anggota serentak menyambutnya dengan teriakan, "Cakep."  Lalu, bertepuk tangan meriah. Suyarno yang duduk di sampingnya ikut tertawa.  

Setelah itu, mereka turun dari meja pimpinan dewan. Keduanya bersalaman dengan H Kayan dan Emir Firdaus (mantan wakil ketua), serta H Dhamroni Chudlori (ketua Fraksi PKB). Mereka terlihat mengobrol santai. Tertawa bersama. Hangat.

Ketika ditanya tentang bagaimana visi dan misi besar DPRD Sidoarjo mendatang? Abdillah Nasih menjawab singkat, ”Harmoni. Bagaimana agar DPRD Sidoarjo berjalan harmonis ke depan.”

Lalu, mengapa PDIP belum menunjuk resmi wakil ketua DPRD Sidoarjo? Suyarno yang juga wakil ketua sementara DPRD menjelaskan dirinya juga belum tahu persis mengapa rekomendasi itu belum turun.

Namun, lanjut wakil rakyat asal Kecamatan Prambon itu, urusan rekom pimpinan dewan merupakan kewenangan DPP PDIP. DPP PDIP memang belum menunjuk secara resmi siapa. Nah, sebelumnya, DPC PDIP mengusulkan tiga nama sebaga kandidat pimpinan DPRD Sidoarjo.

Ketiganya adalah Bambang Riyoko (wakil ketua periode 2019-2024), Suyarno (ketua Fraksi PDIP periode 2019-2024), serta Sudjalil (ketua Fraksi  PDIP 2024-2029).  Soal siapa yang terpilih, Suyarno mengaku akan patuh pada keputusan DPP PDIP.

”Kami sebagai kader tegak lurus pada keputusan partai,” kata Suyarno setelah menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sidoarjo Rabu (11/9/2024).

Ketua DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih menambahkan, DPP PDIP memang belum merekomendasikan pimpinan dewan. Namun, calon wakil ketua dari PDIP itu akan berproses bersama waktu.

Adapun nama tiga pimpinan DPRD Sidoarjo yang baru akan dikirim ke Provinsi Jawa Timur untuk ditetapkan. Bukan pelantikan. Sambil berproses menunggu penetapan Provinsi Jatim itu, nama wakil ketua dari PDIP bisa disusulkan. Penetapan Provinsi Jatim itu paling lama 14 hari kerja dari pengajuan.

”Nanti turunnya empat nama (lengkap). Kalaupun nanti tidak bisa, kami bisa kembali adakan rapat paripurna internal di DPRD Sidoarjo,” ungkap Abdillah Nasih yang kini menjabat ketua DPC PKB Sidoarjo itu.

Bersama pengumuman pimpinan baru DPRD Sidoarjo, disampaikan pula susunan pimpinan serta anggota fraksi masing-masing.

Susunan Fraksi PKB adalah Dhamroni Chudlori (ketua), Muzayin (sekretaris), dan Ainunan Jariyah (bendahara). Ada pula wakil-wakil ketua dan wakil sekretaris fraksi. Pembina Fraksi PKB dijabat Abdillah Nasih (ketua DPRD). Selain Fraksi PKB, ada enam fraksi lain di DPRD Sidoarjo periode mendatang.

Susunan Fraksi PDIP adalah Sudjalil (ketua), Choirul Hidayat (wakil ketua), dan Kasipah (sekretaris). Fraksi Gerindra dipimpin oleh Muzayin Syafrial (ketua), Anang Siswandoko (wakil ketua), Supriyono (sekretaris). Fraksi Golkar dinakhodai  M. Nizar (ketua), Wahyu Lumaksono (wakil ketua), dan Adiel Kanantha (sekretaris).

Fraksi PAN dipimpin oleh Bangun Winarso (ketua), Emir Firdaus (wakil ketua),  Rizal Fuadi (sekretaris), dan Roki Wardoyo (bendahara). Fraksi PKS-PPP terdiri atas Afdal M. Ihsan (ketua), Fitrotin Hasanah (wakil ketua), dan Deny Haryanto (sekretaris). Adapun Fraksi Demokrat-Nasdem dipimpin oleh Zakaria  Dhimas (ketua), Zahlul Yussar (wakil ketua), dan Agiel Effendi (sekretaris). (*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

DPRD Sidoarjo Pimpinan DPRD Sidoarjo Fraksi-Fraksi DPRD Sidoarjo PKB Sidoarjo PAN Sidoarjo Gerindra Sidoarjo Golkar Sidoarjo PDIP Sidoarjo Abdillah Nasih Kayan SH Emir Firdaus Dhamroni Chudlori Suyarno