Dinas Pendidikan Jatim Intruksikan Sekolah Swasta Berikan Kuota Siswa Miskin

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

17 Juli 2023 06:35 17 Jul 2023 06:35

Thumbnail Dinas Pendidikan Jatim Intruksikan Sekolah Swasta Berikan Kuota Siswa Miskin Watermark Ketik
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Timur Tahun 2023 telah berakhir. Tahun ajaran baru dimulai pada Senin (17/7/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai mengatakan tidak ada penambahan bangku pada tahun ini.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada sekolah swasta agar bisa mendapatkan peserta didik baru. Namun, dirinya juga menghimbau agar sekolah swasta memberikan kuota bagi siswa yang tidak mampu. 

"Kemarin gubernur sudah menginstruksikan agar sekolah swasta membuka kuota untuk siswa tidak mampu. Paling tidak 5 persen sehingga terjadi keseimbangan," jelas Aries.

Dengan adanya kuota bagi siswa tidak mampu ini, maka diharapkan masyarakat tidak lagi memandang sekolah swasta itu mahal. Untuk persyaratan kuota siswa tidak mampu harus dibuktikan dengan surat keterangan miskin dari RT/RW setempat

"Bahkan sekarang sudah mulai ada sekolah swasta yang memberikan potongan uang masuk dan SPP sebesar 50 persen bagi yang tidak mampu," tambah Aries.

Oleh sebab itu Aries berharap bagi masyarakat yang anaknya memang belum berkesempatan diterima di sekolah negeri bisa menjadikan sekolah swasta sebagai pilihan. Mengingat banyak sekolah swasta berkualitas dan murah yang bisa dijadikan pilihan untuk menuntut ilmu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai PPDB sekolah swasta Siswa Miskin