Serunya Jumat Ceria di SMAN 4 Bangkalan, Belajar Wirausaha hingga Raup Ratusan Ribu

Kontributor: Indi Shofi Fikria
Editor: Mustopa

8 September 2024 18:43 8 Sep 2024 18:43

Thumbnail Serunya Jumat Ceria di SMAN 4 Bangkalan, Belajar Wirausaha hingga Raup Ratusan Ribu Watermark Ketik
Open booth Jumat Ceria SMAN 4 Bangkalan untuk melatih siswa-siswi berwirausaha (Foto: Indi for Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Untuk melatih keterampilan wirausaha dan memberikan semangat kepada siswa-siswi, Double Track bidang tata boga SMAN 4 Bangkalan mengadakan Jumat Ceria dengan open booth di pinggir lapangan sekolah, Jumat 6 September 2024.

Ketua Kelompok Usaha Siswa (KUS) Majestic Ventures (MV) Program SMA Double Track, Nazila Sakinah menilai kegiatan mingguan ini berlangsung cukup seru.

Sebab di dalam tenda bertuliskan SMA Double Track pemberian Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, ia dan teman-teman bisa praktik berjualan aneka makanan dan minuman.

Ada pentol kuah pedas, cireng isi, takoyaki, sempol, tahu mercon, batagor, siomay, mie jebew dengan berbagai level kepedasan, lapis kukus suramadu, es kuwut, es semangka dan lain-lain.

“Seru sekali karena saya bisa praktek berjualan di sekolah. Saya semakin semangat mengikuti Program Double Track ini,” ungkap siswi kelas 12 itu.

Aneka menu ini bergilir sesuai dengan KUS yang bertugas. Harganya pun variatif, mulai dari Rp3 ribu sampai Rp20 ribu. Dari semua varian menu itu, siswa-siswi SMAN 4 Bangkalan paling suka membeli produk yang memiliki varian level pedas.

Ada level 1, level 2, level 3 dan paling pedas adalah level 4. Sebagian besar dari mereka menyukai makanan yang pedas dengan topping cabe rawit yang terlihat biji nan merona.

Omzet yang diperoleh dari kegiatan open booth ini sekitar Rp500 ribu setiap jualan. Perolehan ini tidak sama tergantung menu dan harga produk yang dijual.

Hasil penjualan lalu dimasukkan dalam kas KUS dan digunakan sebagai modal penjualan berikutnya.

Anggota KUS juga akan mendapatkan upah dari laba penjualannya. Ini salah satu hal yang membuat mereka semakin semangat dalam mengikuti kegiatan Jumat Ceria.

Firqah Inayah, salah satu guru SMAN 4 Bangkalan mengatakan, kegiatan ini sangat bagus karena bisa melatih kemandirian dan percaya diri siswa.

“Programnya bagus karena dengan begini anak-anak menjadi lebih mandiri dan percaya diri dalam berwirausaha,” pungkas Firqah.(*)

Tombol Google News

Tags:

sman 4 bangkalan Jumat Ceria SMA Double Track ITS Dinas Pendidikan Jatim Tata boga