Dua Kader NU Cianjur Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

27 Juli 2023 13:50 27 Jul 2023 13:50

Thumbnail Dua Kader NU Cianjur Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude Watermark Ketik
Dua kader NU Cianjur raih gelar Doktor, (25/7/2023). (Foto: dok. Pribadi Taupik Rohmansyah)

KETIK, CIANJUR – Prestasi membanggakan kembali datang dari kader Nahdlatul Ulama (NU) asal Cianjur, yaitu Taupik Rohmansyah dan Apep Munajat. Keduanya sukses meraih gelar Doktor konsentrasi ilmu pendidikan dengan nilai sangat memuaskan (cumlaude).

Diketahui, keduanya lulus setelah mengikuti ujian terbuka promosi Doktor di Universitas Islam Nusantara (Uninus) yang dilaksanakan di Aula Kampus Uninus, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, pada hari Selasa (25/07/2023).

Taupik Rohmansyah yang juga Ketua Pergunu Kabupaten Cianjur mengatakan, ia lulus dan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Manajemen Pendidikan Demokrasi dalam Membina Perilaku Kebinekaan pada Pondok Pesantren" di hadapan para penguji.

"Saya mengikuti program kuliah S3 karena wasilah Pergunu. Saat itu Pergunu se-Jawa Barat mendorong para kadernya untuk mengikuti perkuliahan di Uninus Bandung. Ada sekitar 40 orang peserta perkuliahan yang mengikuti program tersebut," kata Taupik saat diwawancarai Ketik.co.id melalui pesan singkat, Kamis (27/07/2023).

Ditanya perihal tips agar lancar perkuliahan S3, dia menegaskan pokoknya semua proses sesulit apapun cukup dijalani saja. Karena ternyata dengan kesulitan itu akan terasa indah ketika tuntas.

"Harapan ke depan, kader NU harus terus menempa diri dan mesti bergerak. Studi lanjut itu sebagai bagian dari 'Utlubul ilmu minal mahdi ilal lahdi'. Belajar tidak boleh terputus, terus menerus dan pantang mundur. Niatnya itu saja, Insya Allah berkah," terangnya.

Sementara itu, Apep Munajat yang juga kader Pergunu Cianjur mengutarakan, dirinya lulus dan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Manajemen Program Sertifikasi dalam Peningkatan Kinerja Guru".

"Saya tentu memiliki harapan besar untuk meningkatkan SDM dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menyelesaikan program S3," terang Apep menambahkan dengan gamblang.

Menurutnya, besarnya organisasi akan terukur dengan adanya kualitas SDM para kadernya. Selain itu tujuannya adalah dalam kerangka pengembangan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan agar lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Harapan ke depan, para guru khususnya kader Pergunu Cianjur semakin berkualitas dengan kualifikasi yang mumpuni, kompetensi yang tinggi dan profesional. Marwah dan martabat guru semakin meningkat sehingga sejajar dengan profesi lainnya," tandasnya menutup pernyataan.(*)

Tombol Google News

Tags:

kader NU Cianjur Pergunu Apep Munajat Taupik Rohmansyah