Film Pendek 'Persinggahan' Karya Mahasiswa FIB UB Sabet Juara Pertama

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

28 Juni 2023 09:48 28 Jun 2023 09:48

Thumbnail Film Pendek 'Persinggahan' Karya Mahasiswa FIB UB Sabet Juara Pertama Watermark Ketik
Cuplikan dalam film Persinggahan (foto: tangkapan layar film Persinggahan)

KETIK, MALANG – Film pendek bertajuk Persinggahan, garapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) berhasil memperoleh juara pertama dan membawa pulang Piala Wali Kota Malang dalam Lomba Film Pendek Pelangi Nusantara 2023. Bertemakan 'Mandiri, Tangguh, dan Berkelanjutan,' film tersebut menyuguhkan kisah percintaan yang dibalut dengan komedi.

Film Persinggahan menceritakan perjuangan Rama untuk mempertahankan kisah cintanya dengan Shinta. Namun upaya tersebut percuma dan Rama hanya berhasil menikmati indahnya tempat persinggahan.

Salah satu hal yang membuat film tersebut menarik ialah saat pertemuan Rama yang ingin mempertahankan Shinta. Rama bercerita bahwa ia tertarik menjadi Calon Wali Kota Malang. Ketertarikannya itu didasari oleh banyaknya potensi yang dimiliki oleh Kota Malang. Rama yakin dengan memanfaatkan peluang yang ada, potensi tersebut membawa Kota Malang menjadi kota maju.

Foto Tim mahasiswa FIB UB yang meraih juara pertama (foto: akun resmi FIB UB)Tim mahasiswa FIB UB yang meraih juara pertama (foto: akun resmi FIB UB)

Tak hanya menarik dari segi cerita, sinematografi film tersebut cukup bagus disertai visualisasi yang apik. Film pendek garapan mahasiswa FIB UB itu mampu menangkap keindahan yang dimiliki di Kota Malang.

Film Persinggahan diproduseri oleh Rachmad Samudera dari Sastra Inggris angkatan 2020, dan Putri Savitri mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2020 sebagai penulis naskah. Mereka tergabung dalam tim SPRD Production yang sering memproduksi film-film pendek.

Rupanya tim hanya memerlukan waktu dua minggu mulai dari pra produksi hingga pasca produksi.

Sebagai informasi, lomba tersebut digelar oleh Pemerintah Kota Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) untuk menjaring sineas muda Kota Malang.

Tema perlombaan juga disesuaikan dengan tema HUT ke-109 Kota Malang pada 1 April 2023. Sementara itu pemenang lomba diumumkan pada 22 Mei 2023 di Malang Creative Center (MCC).(*)

Tombol Google News

Tags:

Film pendek FIB UB Persinggahan Kota Malang