Geger UFO di Gunung Bromo, Ternyata Hanya Balon Mainan

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Mustopa

20 Juli 2023 15:01 20 Jul 2023 15:01

Thumbnail Geger UFO di Gunung Bromo, Ternyata Hanya Balon Mainan Watermark Ketik
Penampakan benda yang disebut mirip UFO yang terbang dikawasan Gunung Bromo. (Foto: twitter @kabarufo)

KETIK, PROBOLINGGO – Jagat sosial media digegerkan dengan beredarnya sebuah postingan yang menarasikan adanya sebuah benda menyerupai Unidentified Flying Object (UFO) yang terbang di bukit Teletubbies di kawasan objek wisata Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada Selasa lalu (18/07/2023).

Menanggapi viralnya foto benda mirip UFO tersebut, Kepala Resort Tengger Laut Pasir Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) Ariyanto menyebut jika benda yang terbang di atas kawasan objek wisata Bromo itu bukan merupakan UFO atau pesawat makhluk luar angkasa seperti yang diposting oleh akun Twitter @kabarufo.

"Bukan UFO, itu hanya balon karakter mainan anak yang berisikan helium. Saat itu kebetulan terlepas dan terbang serta terpotret oleh wisatawan. Karena resolusi fotonya kecil dan jaraknya jauh, jadi seakan-akan balon itu mirip UFO," sebutnya, Kamis (20/07/2023).

Ariyanto juga mencoba mencari tahu pemilik balon terbang yang menyerupai UFO tersebut. Setelah ditelusuri memang merupakan milik anak dari salah seorang pengunjung objek wisata Bromo yang kebetulan balonnya terlepas dan terbang terbawa angin keatas bukit Teletubbies.

"Jadi narasi adanya UFO di atas bukit Teletubbies itu tidak benar. Itu cuma balon mainan anak yang kebetulan terbang terbawa angin," sebutnya.

Ariyanto pun menghimbau kepada masyarakat agar tak mudah percaya dengan narasi yang dibangun oleh media sosial. Karena hal sepele apabila sudah diposting dan dinarasikan yang tidak benar maka akan dengan cepat jadi viral.

"Jadilah netizen yang cerdas. Jangan mudah digiring masuk dalam narasi yang tidak benar. Cek dan ricek dulu, utamanya ke media massa terpecaya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UFO Bromo probolinggo