Google Luncurkan Fitur yang Bisa Arsipkan Aplikasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

13 April 2023 23:06 13 Apr 2023 23:06

Thumbnail Google Luncurkan Fitur yang Bisa Arsipkan Aplikasi Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto:Pexels)

KETIK, JAKARTA – Raksasa teknologi Google menghadirkan fitur baru pada Operating System besutannya Android. Fitur ini berguna untuk mengarsipkan aplikasi yang tidak terpakai tanpa menghapus data pengguna.

Namun menurut keterangan Google, Fitur ini hanya tersedia untuk aplikasi yang dipublikasikan dalam format App Bundle. Nantinya, fitur ini akan muncul ketika pengguna mencoba mengunduh aplikasi di Play Store saat memori perangkat hampir habis.

Menurut Bgr, dikutip Kamis (13/4/2023), sebagai gantinya, Google mengatakan bahwa pengarsipan otomatis akan mengakibatkan aplikasi dihapus sebagian dari perangkat untuk menghemat ruang, sementara ikon aplikasi dan data aplikasi pribadi pengguna akan dipertahankan.

Fitur ini dapat diaktifkan setelah pengguna persyaratan yang diberikan oleh aplikasi setelah mengunduhnya. Mengarsipkan aplikasi ini berguna untuk mengosongkan penyimpanan pada Smartphone.

Apabila pengguna ingin memakai aplikasi Android yang diarsipkan, mereka tinggal mengetuk ikon file aplikasi yang diinginkan untuk mengunduh ulang aplikasi tersebut.

Setelah itu aplikasi dapat digunakan seperti biasa. Selain mengarsipkan aplikasi, melalui fitur ini pengguna juga dapat mengatur preferensi pengarsipan melalui pengaturan.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Google aplikasi Arsipkan Ruang Penyimpanan smartphone