Gubernur Khofifah: Perlunya Pamerataan Infrastruktur untuk Penerapan Smart City

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

12 Juli 2023 11:39 12 Jul 2023 11:39

Thumbnail Gubernur Khofifah: Perlunya Pamerataan Infrastruktur untuk Penerapan Smart City Watermark Ketik
Gubernur Khofifah dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat tiba di pembukaan pertemuan tahunan keenam Asean Smart Cities Network (ASCN) 2023. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, BADUNG – Penerapan smart city berbasis teknologi menjadi perhatian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal ini cukup penting karena berhubungan dengan pelayanan publik agar semakin cepat dan efisien.

Ia menyebutkan ke 38 kabupaten kota di Jawa Timur secara bertahap akan bertransformasi menuju implementasi smart city. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pemanfaatan digitalisasi di berbagai sektor mulai layanan pendidikan, kesehatan, kependudukan dan sebagainya.

“Saya yakin seluruh kabupaten kota di Jatim siap menjawab tantangan untuk menjadi smart city,” ujar Khofifah saat menghadiri pembukaan pertemuan tahunan keenam Asean Smart Cities Network (ASCN) 2023 yang diselenggarakan di Intercontinental Bali Resort Badung Bali, Rabu (12/7/2023). 

Lebih lanjut Khofifah menjelaskan, kesiapan menghadapi tantangan smart city juga dilakukan dengan pemerataan jaringan infrastrukturnya. Sehingga di berbagai pelosok juga bisa mengakses internet dan pelayanan kependudukan di berbagai sektor juga terus bisa dimaksimalkan.

Untuk itu, implementasi teknologi informasi adalah poin penting dari inisiasi smart city. Namun di sisi lain masih ada daerah tertentu di Jatim dan di Indonesia yang masih belum bisa mengakses internet. 

"Ada beberapa yang memang masih bisa dilakukan dengan pendekatan hybrid dan ada yang memang masih harus manual karena ada di area blank spot," tuturnya.

Tak hanya itu, Gubernur Khofifah menyebut bahwa smart city perlu didukung dengan langkah-langkah inovatif yang dilakukan oleh ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas yang ada. 

"Oleh karenanya, dibutuhkan kajian menyeluruh agar konsep smart city di Jatim sesuai dengan keunggulan, potensi, dan tantangan khas daerahnya masing-masing," sebutnya.

Foto Gubernur Khofifah berfoto bersama para peserta pembukaan pertemuan tahunan keenam Asean Smart Cities Network (ASCN) 2023.(Foto: Humas Pemprov Jatim)Gubernur Khofifah berfoto bersama para peserta pembukaan pertemuan tahunan keenam Asean Smart Cities Network (ASCN) 2023.(Foto: Humas Pemprov Jatim)

Pada kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memaparkan, bahwa diperlukan teknologi dan penyebaran informasi yang merata di bidang pemerintahan agar Indonesia dapat menerapkan konsep smart cities.

"Kita perlu bekerja dengan lebih komprehensif, dan merekrut tenaga-tenaga kerja muda yang ahli di bidang teknologi agar digitalisasi dapat berjalan efektif dan efisien," ungkapnya.

Sebagai informasi, ASCN yang digelar di Intercontinental Resort Bali 2023 ini merupakan acara tahunan yang mengupas berbagai permasalahan perkotaan.

Mulai dari transportasi, hunian, pelestarian lingkungan, dan ketentraman, bahkan ketertiban masyarakat yang menjadi masalah klasik di kota-kota saat ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

ASCN Smart City teknologi Pelayanan Publik Gubernur Khofifah